Logo Bloomberg Technoz

"Sebenarnya, lebih dari penting ekonomi, lebih penting spiritual, Borobudur jadi wisata spiritual terbaik di dunia," ungkapnya.

Dalam pengamanan pada perayaan Waisak, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan selain menurunkan aparat, TNI, Polri, masyarakat juga terlibat saat penjagaan prosesi nanti.

Di sisi lain, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono pun menjelaskan persiapan acara hari Waisak nanti. Ia mengatakan saat ini sudah kedatangan sudah kedatangan 40 Bhikku Thudong asal Thailand, Malaysia, Singapura di Candi Borobudur.

Sebanyak 44 Bhikkhu akan melaksanakan ritual Thudong dalam rangka merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE. Nantinya, perjalanan akan diawali dari TMII menuju Candi Borobudur dan diakhiri di Candi Muaro Jambi.

"Persiapan, 99% hari ini Bhikkhu dari Thailand, Singapura, Malaysia, yang beberapa waktu lalu kita sambut dan dilepas TNI dan disambut oleh Mas Menteri Sandiaga.

Mereka tiba di Borobudur, dengan total perjalanan 1.250 KM jadi kami menyambut di candi Borobudur kedatangan 40 Bhikkhu sampai perayaan 23 Mei lanjut selama long weekend," ungkapnya dalam acara yang sama.

Selain itu, ada sejumlah pelepasan lampion dengan jumlah sesuai perayaan Waisak 2.568 BE

"Dan ekspetasinya berdoa bersama agama Buddha 8000 umat yang akan bersama di candi Borobudur. Dari atas  sampai marga candi Borobudur," tambahnya.

(dec/spt)

No more pages