Logo Bloomberg Technoz

Pada 19 Oktober 1986, pesawat bermesin ganda yang membawa presiden dan menteri Mozambik, Samora Machel, jatuh di dekat perbatasan Mozambik-Afrika Selatan. Machel, beberapa menteri, dan pejabat tinggi pemerintah Mozambik tewas dalam kecelakaan itu.

3. Presiden Ekuador Jaime Roldos Aguilera

Pada 24 Mei 1981, Presiden Ekuador Jaime Roldos Aguilera dan Menteri Pertahanan Mayjen Marco Subia Martinez tewas ketika pesawat yang mereka naiki jatuh di dekat perbatasan Peru.

4. Perdana Menteri Portugal Francisco Sa Carneiro

Pada 4 Desember 1980, Perdana Menteri Portugal Francisco Sa Carneiro dan Menteri Pertahanan Adelino Amaro da Costa tewas ketika pesawat mereka jatuh di ibu kota Lisbon setelah lepas landas.

5. Perdana Menteri Yugoslavia Dzemal Bijedic

Pada 18 Januari 1977, pesawat Learjet 25 milik Perdana Menteri Yugoslavia Dzemal Bijedic jatuh di Gunung Inac dekat kota Kresevo di Bosnia dan Herzegovina. Perdana Menteri Bijedic bersama istri dan enam orang penumpang lainnya tewas dalam kecelakaan itu.

6. Perdana Menteri Mauritania Ahmed Ould Bouceif

Sebuah pesawat yang membawa Perdana Menteri Mauritania Ahmed Ould Bouceif jatuh di lepas pantai Dakar pada 27 Mei 1979. Bouceif, yang pada awalnya ingin menghadiri pertemuan puncak Afrika, meninggal dalam kecelakaan itu. 

7. Zia-ul-Haq, Presiden Pakistan Keenam

Laman First Post melaporkan bahwa Zia-ul-Haq, Presiden keenam Pakistan, meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1988 di dekat Bahawalpur, Pakistan. Penyebab kecelakaan masih diperdebatkan, dengan berbagai teori konspirasi, kegagalan mekanis, dan sabotase.

8. Presiden Polandia Lech Kaczynski

Pada 10 April 2010, pesawat Tupolev 154 yang mengangkut 96 orang, termasuk Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya, menabrak kawasan hutan. Tidak ada satu pun orang yang selamat dari tragedi tersebut. Kaczynski dilaporkan akan menghadiri upacara untuk memperingati Pembantaian Katyn.

9. Ramon Magsaysay, Presiden ketujuh Filipina

Pada tahun 1957, Ramon Magsaysay tewas dalam kecelakaan pesawat di Gunung Manunggal di Cebu. Magsaysay terkenal karena kebijakan anti-komunisnya yang tegas dan perjuangannya untuk demokrasi. 

10. Hafez al-Assad, Presiden Suriah

Pada tahun 2000 silam, Presiden Suriah Hafez al-Assad meninggal dalam kecelakaan pesawat yang disebut sebagai kecelakaan tak terduga di dekat Damaskus. Namun, laporan menyatakan bahwa penyebab resminya adalah serangan jantung yang diderita Assad saat mengemudikan pesawat tersebut.

(red/ros)

No more pages