Logo Bloomberg Technoz

Upaya terpilihnya kembali Biden sebagai presiden telah menghasilkan jumlah yang mencapai rekor untuk calon dari Partai Demokrat di musim pemilu saat ini. Meskipun penggalangan dana bulan April dilampaui oleh Trump, Biden masih memiliki keunggulan besar dalam jumlah kas. Tidak seperti Trump, yang menghadapi kampanye pemilu pendahuluan yang mahal, Biden hanya menghadapi sedikit perlawanan dari para rivalnya dan mampu menimbum uang untuk bulan November.

Penggalangan dana besar-besaran di bulan April termasuk acara yang diselenggarakan oleh Michael Douglas, aktor dan produser film yang memainkan Gordon Gekko dalam film Wall Street tahun 1987. Namun, donatur kampanye dalam jumlah kecil menyumbang sebagian besar dana. Kontributor besar lainnya termasuk pencipta Family Guy Seth MacFarlane, co-founder Facebook Dustin Moskovitz, Josh Bekenstein dari Bain Capital, dan manajer hedge fund Tom Steyer.

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Kampanye ini menambahkan satu juta pendukung ke daftar emailnya dalam sebulan. Donor tetap menyumbang US$5,5 juta dari total, dan ada 225.000 donor yang berkomitmen untuk menyumbang setiap bulan.

Biden dan DNC memanfaatkan dana kampanye besar yang telah dibangun oleh tim kampanye dan Partai Demokrat. Mereka telah membuka 150 kantor lapangan di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran untuk mendapatkan suara. Menurut AdImpact, tim kampanye Biden telah membayar media senilai US$34 juta sejak Trump memenangkan nominasi Partai Republik pada bulan Maret, sementara mantan presiden tersebut menghabiskan kurang dari US$70.000 untuk iklan.

Kelompok-kelompok luar yang mendukung Biden, yang dipimpin oleh PAC utamanya, Future Forward PAC, telah menjanjikan lebih dari US$1 miliar untuk mendukungnya. Co-founder LinkedIn Reid Hoffman memberikan US$7 juta kepada Future Forward PAC, sementara co-founder GitHub Chris Wanstrath memberikan US$500.000.

PAC pro-Biden American Bridge 21st Century mengumpulkan US$7,1 juta dan mengakhiri bulan April dengan US$12 juta. Kelompok ini, yang telah berjanji untuk menghabiskan US$140 juta untuk berfokus pada perempuan dan pemilih kelas pekerja menggunakan penelitian yang dilakukan di negara bagian swing, menerima donasi sebesar US$4,8 juta dari pemodal ventura Michael Moritz dari Sequoia Capital dan US$2,6 juta dari Democracy PAC milik manajer hedge fund George Soros.

Donald Trump

  •  Trump mengumpulkan US$76 juta pada bulan April untuk kampanyenya dan Partai Republik. Kampanyenya dan Komite Nasional Partai Republik (Republican National Committee/RNC) mengakhiri bulan dengan meraih US$89 juta.
  •  PAC yang ditunjuknya, Make America Great Again Inc, mengumpulkan US$12,8 juta dan memulai bulan Mei dengan US$34,5 juta.

Bulan pertama Trump mengumpulkan dana sebagai calon utama partainya menghasilkan sumbangan besar dari donor terkemuka. Di antara mereka yang menulis cek besar adalah Harold Hamm dari Continental Resources, Syed Anwar dari Midland Energy, dan Howard Lutnick dari Cantor Fitzgerald. Donor besar lainnya termasuk bankir investasi Warren Stephens, pengusaha real estate dan dirgantara Robert Bigelow, dan pendiri TD Ameritrade Joe Ricketts.

Dia semakin mengandalkan donor kaya untuk mempersempit kesenjangan dengan Biden, meskipun tim kampanyenya mengatakan setengah dari dana yang dikumpulkan pada April berasal dari donatur dalam jumlah kecil.

Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)

Make America Great Again Inc, PAC yang mendukung Trump, menerima sumbangan US$10 juta dari investor Timothy Mellon dan US$1 juta dari Continental Resources milik Hamm. Koalisi Yahudi Partai Republik mengumpulkan US$1 juta lagi untuk PAC tersebut. Hamm menjadi tuan rumah penggalangan dana pada Rabu untuk PAC di Texas.

Save America, PAC kepemimpinan yang membayar sebagian besar biaya hukum Trump, mengumpulkan US$9 juta, US$6 juta di antaranya ditransfer dari entitas yang mengumpulkan uang dari donor kecil. PAC tersebut menghabiskan US$4,3 juta, termasuk US$3,3 juta untuk biaya hukum. PAC tersebut mengakhiri bulan April dengan US$8,8 juta di bank.

Trump telah absen melakukan kampanye karena menghadapi persidangan pidana di Manhattan yang memasuki minggu keenamnya pada Senin. Jaksa menuduhnya memalsukan catatan bisnis terkait pembayaran uang tutup mulut yang dilakukan dalam pemilu 2016, tuduhan yang dia bantah.

Robert F. Kennedy Jr.

  • Kennedy mengumpulkan US$10,7 juta pada bulan April dan memulai bulan Mei dengan dana sebesar US$10,1 juta.
  • PAC yang mendukungnya mengumpulkan US$6,2 juta dan memiliki US$20,9 juta di bank.

Memilih Nicole Shanahan, mantan istri co-founder Google Sergey Brin, sebagai pasangannya telah memberikan keuntungan besar bagi upaya independen Kennedy. Dia menyumbangkan US$8 juta untuk kampanyenya pada bulan April, mendanai upayanya untuk mendapatkan akses pemungutan suara saat dia melancarkan tantangan independen terhadap Biden dan Trump.

American Values 2024, PAC yang mendukung Kennedy, menerima sumbangan US$5 juta dari Mellon, yang juga menyumbang untuk PAC Trump, dan US$1 juta dari Mark Gorton, pendiri perusahaan perdagangan frekuensi tinggi Tower Research Capital.

(bbn)

No more pages