Logo Bloomberg Technoz

ICC dapat mengajukan kasus ketika sebuah negara meminta penyelidikan di wilayahnya atau terhadap warganya, ketika Dewan Keamanan PBB meminta penyelidikan, atau ketika panel hakim ICC mengizinkan penyelidikan yang dimulai oleh jaksa pengadilan. Jaksa juga harus memastikan bahwa sistem hukum domestik tidak benar-benar mencari keadilan. Pengadilan tidak dapat menjatuhkan hukuman mati.

Mereka yang dijatuhi hukuman penjara menjalani hukuman mereka di pusat penahanan ICC di penjara Belanda. Saat ini, 124 negara menjadi pihak dalam Statuta Roma. China, AS, dan Rusia termasuk di antara negara-negara yang bukan anggotanya.

Apa yang dituduhkan kepada Netanyahu dan Sinwar?

Jaksa ICC Karim Khan menuduh Netanyahu, antara lain, membuat kelaparan warga sipil sebagai metode perang dan sengaja mengarahkan serangan terhadap penduduk sipil, yang keduanya merupakan kejahatan perang. Selain itu, dia dituduh melakukan penganiayaan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. 

Sinwar dituduh melakukan pemusnahan, pembunuhan, penyanderaan, pemerkosaan, dan penyiksaan, serta kejahatan perang lainnya.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Warga Palestina membawa mangkok untuk mengambil makanan gratis di Rafah, Gaza selatan, Senin (18/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Panel hakim ICC akan mempertimbangkan apakah akan menerima permohonan Khan untuk melanjutkan penuntutan. Selain menuntut Netanyahu dan Sinwar, Khan merekomendasikan kasus terhadap Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dan dua pemimpin Hamas lainnya, kepala militer Mohammed Diab Ibrahim al-Masri dan kepala biro politik Ismail Haniyeh.

Pengadilan belum memberikan kerangka waktu kapan keputusan dapat diambil. Pada 2023, diperlukan waktu lebih dari tiga minggu bagi panel hakim ICC untuk menyetujui permohonan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin atas dugaan kejahatan perang di Ukraina.

Bisakah Netanyahu diadili atas kejahatan perang?

Ini tidak mungkin. ICC tidak mengizinkan pengadilan in absentia (persidangan tanpa kehadiran terdakwa), dan kecil kemungkinan pengadilan akan menangkap dia atau pejabat Israel lainnya. ICC bergantung pada negara anggotanya untuk melakukan penangkapan, dan Israel bukan merupakan anggota ICC. 

Pengadilan tidak dapat mengeksekusi surat perintahnya terhadap Putin. Didakwa dapat membatasi negara-negara yang dapat dikunjungi Netanyahu tanpa takut ditangkap. Bahkan beberapa negara anggota ICC, seperti Hongaria, telah berpendapat bahwa surat perintah penangkapan pengadilan tidak mengikat di wilayah mereka.

Bagaimana dengan para pemimpin Hamas?

"Negara Palestina" adalah anggota ICC, jadi secara teori beberapa otoritas pemerintahan di Jalur Gaza, tempat Sinwar dan al-Masri diduga bersembunyi, bisa menyerahkan mereka ke pengadilan. Ismail Haniyeh berbasis di Qatar, yang bukan anggota ICC.

Titik peperangan yang terjadi di area Jalur Gaza. (Dok: Bloomberg)

Apa yang dikatakan Netanyahu tentang permohonan jaksa ICC?

Netanyahu menyebutnya "kekejian moral yang sangat besar" yang akan mencoreng nama pengadilan. “ICC tidak memiliki yurisdiksi atas Israel, dan tindakan Mr Khan tidak akan menghentikan kami dari melancarkan perang yang adil melawan Hamas,” katanya. "Melalui keputusan yang memecah belah ini, Mr Khan menempatkan dirinya di antara para antisemitisme terbesar di zaman modern," kata Netanyahu.

Apa yang dikatakan sekutu Israel?

Presiden AS Joe Biden menyebut permohonan surat perintah penangkapan untuk Netanyahu "keterlaluan" dan mengatakan AS akan "selalu mendukung Israel melawan ancaman terhadap keamanannya." 

AS berpendapat bahwa ICC tidak memiliki yurisdiksi dalam kasus ini karena, berdasarkan aturannya sendiri, seharusnya mengizinkan investigasi Israel atas kesalahan oleh pasukan militernya sebelum mengambil tindakan sendiri. Para pemimpin Eropa terpecah atas langkah jaksa ICC, dengan beberapa menyambut pengumuman tersebut dan yang lainnya mengkritiknya.

Untuk siapa lagi ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan?

Para hakim ICC telah mengeluarkan 46 surat perintah penangkapan sejauh ini dan menahan 21 orang di pusat penahanannya. Tujuh belas individu, termasuk Putin dan mantan presiden Sudan, Omar al-Bashir, masih buron. Tuduhan telah dicabut terhadap tujuh orang karena kematian mereka. Para hakim telah mengeluarkan sepuluh hukuman dan empat pembebasan.

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Apa yang terjadi dengan kasus genosida?

Kasus genosida terhadap Israel, yang diajukan oleh Afrika Selatan, sedang dipertimbangkan oleh Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ), yang juga berbasis di Den Haag. Terkadang disebut sebagai "Pengadilan Dunia," ICJ adalah badan peradilan utama PBB. 

Pengadilan ini menyelesaikan sengketa hukum antara negara anggota mengenai masalah hukum internasional. Jadi, meskipun ICJ dapat menyatakan bahwa suatu negara melanggar aturan perang atau Konvensi Genosida, pengadilan ini tidak dapat mengadili atau menghukum siapa pun.

Genosida secara luas didefinisikan sebagai pembunuhan terhadap anggota suatu kelompok nasional, etnis, rasial, atau agama, dengan maksud untuk menghancurkan kelompok tersebut secara keseluruhan atau sebagian. Pada Januari, pemerintah Afrika Selatan meminta ICJ untuk menyatakan tindakan Israel di Gaza sebagai genosida dan memerintahkan Israel untuk menarik pasukannya. Dalam perintah sementara pada 26 Januari, ICJ meminta Israel untuk segera bertindak guna mencegah pembunuhan terhadap warga Palestina yang tidak bersalah, tetapi menolak permintaan Afrika Selatan untuk gencatan senjata.

Pada Maret, pengadilan memerintahkan Israel memastikan adanya langkah-langkah untuk penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan tanpa hambatan kepada warga Palestina di seluruh Gaza, meningkatkan kapasitas dan jumlah titik penyeberangan darat dan menjaganya tetap terbuka selama diperlukan.

Putusan ICJ bersifat mengikat dan tidak ada hak untuk banding. Sebagai salah satu pihak yang menandatangani Piagam PBB, Israel harus mematuhi apa pun yang diputuskan pengadilan, tetapi tidak ada mekanisme untuk menegakkan perintah tersebut. Negara-negara lain telah memilih untuk mengabaikannya di masa lalu, terutama Rusia terkait invasinya ke Ukraina.

(bbn)

No more pages