Logo Bloomberg Technoz

Langkah ini dilakukan karena Samsung telah tertinggal di salah satu pasar dengan pertumbuhan utama untuk cip memori, bisnis intinya. SK Hynix memimpin dalam memori bandwidth tinggi atau cip high-bandwidth memory (HBM). SK Hynix telah mengalami pertumbuhan eksplosif karena digunakan untuk melatih model AI.

Para investor menjadi semakin khawatir dengan respons Samsung terhadap saingannya yang lebih kecil. SK Hynix baru-baru ini melaporkan laju pertumbuhan pendapatan tercepat sejak setidaknya tahun 2010. Hal ini mendorong reli saham SK Hynix sebesar 36% sejak awal tahun 2024, jauh melampaui saham Samsung yang tidak banyak berubah. 

Beda gerak saham Samsung dan SK Hynix.

Reaksi pasar saham pada awalnya tidak terlalu bergairah pada hari Selasa. Saham Samsung menahan penurunannya setelah pengumuman tersebut dan turun kurang dari 1%.

SK Hynix adalah pemasok memori terbesar yang digunakan untuk mengembangkan layanan seperti ChatGPT di seluruh dunia. Kapasitas produksinya untuk cip semacam itu hampir penuh hingga tahun depan.

Ilustrasi suasana pabrik Samsung. (Dok: Bloomberg)

Perusahaan ini berencana untuk menghabiskan sekitar US$14,6 miliar untuk membangun kompleks baru di Korea Selatan untuk memenuhi permintaan chip HBM, yang bekerja bersama akselerator Nvidia Corp dalam menciptakan dan memfasilitasi platform AI. Samsung juga akan membangun fasilitas pengemasan senilai US$4 miliar di Indiana - yang pertama di Amerika Serikat (AS).

Samsung juga memproduksi chip logika dan mengoperasikan bisnis foundry. Samsung telah memulai ekspansi global yang mencakup investasi senilai US$40 miliar dalam pembuatan cip di AS.

Samsung mengatakan telah memulai produksi massal produk HBM terbarunya, HBM3E delapan layer, dan berencana untuk memproduksi massal chip HBM 12 layer pada kuartal kedua. Perusahaan memperkirakan pasokan HBM akan meningkat setidaknya tiga kali lipat pada tahun 2024 dibandingkan tahun lalu.

Gambaran rangkaian investasi di industri cip semikonduktor dari berbagai negara di dunia. (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages