Logo Bloomberg Technoz

Cara ini diharapkan kembali mendongkrak penjualan yang lesu di China. Tercatat di wilayah China, Hong Kong, dan Taiwan terjadi penurunan penjualan 8% menjadi US$16,6 miliar pada kuartal yang berakhir Maret kemarin.

Persaingan lebih ketat dengan merek smartphone China membuat Apple agresif menetapkan diskon harga. Tidak hanya dengan Huawei, namun juga Honor dan Xiaomi. Banyak dari ponsel China Android juga ‘banting’ harga.

Tidak hanya iPhone, perangkat Apple lain seperti MacBook, AirPods, iPad, hingga Apple Watch juga kebagian kebijakan diskon hingga 800 yuan.

Pada periode yang sama pangsa pasar Apple turun menjadi 15,7%, dari 20,2% tahun lalu, menurut Counterpoint, lembaga riset pasar. Vivo merebut posisi Apple di pasar China dengan raihan pangsa pasar 17,4%, disusul Honor 16,1%. Huawei, yang mengandalkan perangkat 5G Mate 60 Pro, ada di peringkat keempat dalam pangsa pasar dengan 15,5%.

Pada diskon harga sebelumnya terbukti telah membantu memperbaiki kinerja penjualan Apple untuk iPhone dengan angka khusus merek–merek asing naik 12% dibandingkan tahun lalu menurut data China Academy of Information and Communications Technology yang rilis awal Mei. Lembaga di bawah pemerintah China ini tidak menjabarkan merek asing berdasarkan merek.

(wep)

No more pages