Logo Bloomberg Technoz

Harga Gandum Meroket Dipicu Cuaca Laut Hitam, Kakao Merosot

News
21 May 2024 08:20

Gandum. (Dok: Bloomberg)
Gandum. (Dok: Bloomberg)

Gerson Freitas Jr. dan Dayanne Sousa - Bloomberg News

Bloomberg, Harga gandum mengalami kenaikan terbesar sejak Agustus, sementara kakao merosot di bawah level psikologis yang penting saat pasar berjangka komoditas pertanian memulai minggu ini dengan fluktuasi harga yang besar.

Kontrak berjangka untuk jenis gandum yang digunakan untuk membuat biskuit dan kue kering naik sebanyak 6,1% di Chicago, sempat menyentuh batas harga harian bursa yaitu 40 sen per bushel, di tengah kekhawatiran baru tentang cuaca di wilayah Laut Hitam. Menurut peramal cuaca Commodity Weather Group, sekitar 40% tanaman gandum di Rusia Selatan dan tiga perempat tanaman gandum Ukraina diperkirakan akan mengalami tekanan kekeringan selama 10 hari ke depan.

Panen yang melimpah di Rusia telah memainkan peran penting dalam menurunkan gandum dari rekor tertinggi yang terlihat pada 2022, sekaligus mengikis kemampuan petani AS untuk bersaing di luar negeri. Kini, prospek produksi Rusia yang suram tahun ini membuat para trader bersiap menghadapi pasokan global yang lebih ketat dan peningkatan permintaan gandum Amerika, yang semuanya berkontribusi pada harga yang lebih tinggi.

Harga kedelai dan jagung juga melonjak di Chicago, membantu mendorong Subindeks Pertanian Bloomberg ke kenaikan intraday terbesar sejak Juli.