Logo Bloomberg Technoz

Selanjutnya, Airlangga juga mengapresiasi komitmen LG CNS dalam mendukung pengembangan smart city di Indonesia. Adapun, LG CNS telah terlibat dalam perancangan Konsep Smart City untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Desember 2022 lalu. Proyek ini bertujuan untuk mengintegrasikan Artificial Inetelligence (AI), data, teknologi cloud dalam layanan pintar untuk IKN. 

Ke depannya, LG CNS diharapkan dapat memperluas investasinya hingga ke Indonesia dan dapat menciptakan bisnis berkelanjutan dan mengembangkan perekonomian Indonesia melalui pembentukan platform teknologi terdepan.

Korea Selatan juga menjadi salah satu investor terbesar Indonesia pada tahun 2023 dengan total Foreign Direct Investment senilai sekitar US$2,5 miliar. Jumlah investasi tersebut mengalami peningkatan senilai US$200 juta atau sebesar 8,70% dari tahun 2022.

Selain itu, Airlangga mengatakan, kerja sama bilateral Indonesia dengan Korea Selatan juga mengalami penguatan. Total nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Korea Selatan sendiri mencapai US$20,8 miliar pada tahun 2023. 

“Meski dihadapkan dengan stagnasi ekonomi global dan gejolak pasar keuangan saat ini, perekonomian Indonesia terbukti mampu menunjukkan ketangguhan dalam menahan gejolak dengan capaian pertumbuhan yang impresif pada tahun 2023 sebesar 5,05% (yoy) dan tetap tumbuh solid sebesar 5,11% (yoy) pada triwulan I-2024. Pertumbuhan ekonomi nasional ini bahkan mampu melebihi perkiraan sejumlah lembaga internasional seperti IMF dan World Bank,” tutup Airlangga. 

(dov/ros)

No more pages