Logo Bloomberg Technoz

Pemimpin Iran Kukuhkan Mokhber sebagai Presiden Sementara

Redaksi
20 May 2024 18:30

Hassan Nasrallah during a discussion with officials from supreme leader of Iran Ali Khamenei’s office. (Sumber: Khamenei.ir)
Hassan Nasrallah during a discussion with officials from supreme leader of Iran Ali Khamenei’s office. (Sumber: Khamenei.ir)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengumumkan lima hari berkabung untuk Presiden Ebrahim Raisi menyusul kematiannya dalam sebuah kecelakaan helikopter dan mengukuhkan Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber sebagai kepala sementara cabang eksekutif negara tersebut.

Iran sekarang memiliki waktu maksimal 50 hari sebelum pemilihan presiden harus diadakan untuk memilih pengganti Raisi.

"Saya mengumumkan lima hari berkabung nasional dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran," ujar Khamenei dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita resmi IRNA, dilansir Reuters, Senin (20/5/2024).

"... Mokhber akan mengelola cabang eksekutif dan berkewajiban untuk mengatur dengan kepala cabang legislatif dan yudikatif untuk memilih presiden baru dalam waktu maksimal 50 hari," katanya.

Menurut Pasal 131 konstitusi Iran, sebuah dewan yang terdiri dari wakil presiden pertama, ketua parlemen, dan kepala kehakiman harus mempersiapkan jalan untuk pemilihan presiden baru.