Logo Bloomberg Technoz

Sinyal Usung Khofifah, PDIP Berpotensi Gandeng Koalisi Prabowo

Mis Fransiska Dewi
20 May 2024 17:30

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Tangkapan Layar Instagram @khofifah.ip)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Tangkapan Layar Instagram @khofifah.ip)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Said Abdullah mengklaim telah berkomunikasi dengan berbagai pihak dalam upaya persiapan pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak di Jawa Timur.

Meski belum definitif, Said tak menampik partai berlambang kepala banteng tersebut berpotensi mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Hal ini berpotensi sama dengan sejumlah rencana partai politik lain yang juga berniat mencalonkan kembali Khofifah pada Pilkada mendatang.

"Komunikasi intensif kami lakukan dengan berbagai pihak, baik dengan Mbak Khofifah maupun partai-partai politik, nanti kita lihat hampir sejauh mana mengerucutnya," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (20/5/2024).

Menurut dia, PDIP memiliki banyak pilihan untuk berkoalisi pada Pilgub Jatim. Hal ini termasuk partai politik yang berasal dari koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. 

Beberapa partai pada Koalisi Indonesia Maju -- pengusung Prabowo-Gibran, memang sudah memastikan akan mengusung Khofifah sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada Serentak mendatang. Partai Golkar dan PAN tercatat mengusung satu paket yaitu Khofifah dan Emil Dardak. Sedangkan, Partai Gerindra dan Partai Demokrat baru memastikan akan mengusung Khofifah.