Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Kecelakaan Pesawat Tecnam P2006T yang Jatuh di BSD

Redaksi
20 May 2024 15:00

Kondisi puing-puing pesawat yang jatuh di BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kondisi puing-puing pesawat yang jatuh di BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) mengungkap kronologi peristiwa jatuhnya pesawat latih milik Indonesia Flying Club bernomor seri PK-IFP di Kawasan BSD, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (19/5/2024). 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pesawat jenis Tecnam P2006T tersebut awalnya melakukan take off dari Bandara Pondok Cabe pada pukul 11.36 WIB. Pesawat tersebut terbang dan mendarat di Bandara Salakan Negara, Tanjung Lesung.

Menurut dia, pilot pesawat tersebut sempat memberikan informasi kembali melakukan take off dari Tanjung Lesung menuju Pondok Cabe sekitar pukul 13.10 WIB. Akan tetapi, pesawat kemudian hilang kontak dan ditemukan jatuh di Taman Sunbrust BSD sekitar pukul 14.30 WIB.

"Pesawat baru pulang dari melaksanakan tugas survey di Tanjung Lesung Banten karena mau diadakan acara air show," kata Ary dikutip dari Laman Humas Polri, Senin (20/5/2024).

Meski demikian, kepolisian masih menolak untuk memberikan konfirmasi tentang penyebab pesawat tersebut mengalami kecelakaan yang menyebabkan tiga penumpangnya meninggal dunia. Ary mengklaim, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan memberikan penjelasan yang lebih detil.