Logo Bloomberg Technoz

Indeks saham acuan Taiex turun sebanyak 0,7% setelah pidato Lai. Dolar Taiwan melemah 0,1% dan diperdagangkan pada 32,25 terhadap greenback.

Hubungan Taipei dengan Beijing telah menjadi lebih mendesak karena China telah meningkatkan aktivitas militer di dekat Taiwan, meningkatkan momok konflik. Presiden Joe Biden telah berulang kali mengatakan bahwa AS akan mempertahankan pulau dengan 23 juta penduduk yang memiliki pemerintahan sendiri ini dari serangan apa pun dari China. Bloomberg Economics memperkirakan perang atas Taiwan akan menelan biaya sekitar US$10 triliun, setara dengan sekitar 10% dari PDB global, lebih kecil dari kerugian akibat Ukraina, Covid-19, dan krisis keuangan global.

Bagaimana Lai mengelola hubungan dengan China saat pemerintahannya terbentuk akan diawasi dengan ketat di Beijing dan Washington. Beijing memutus komunikasi langsung dengan Taipei setelah mantan presiden, Tsai Ing-wen, menolak untuk menerima gagasan bahwa Taiwan adalah bagian dari China ketika ia berkuasa pada tahun 2016.

Lai secara teratur mengindikasikan bahwa ia akan melanjutkan banyak kebijakan Tsai--termasuk merangkul AS--sebuah sikap yang berarti hubungan Taipei dan Beijing kemungkinan besar akan tetap dingin di tahun-tahun mendatang. China telah menyebut Lai di masa lalu sebagai "penghasut perang", dan berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya suatu hari nanti, dengan kekerasan jika perlu.

Dalam pidatonya, Lai juga menguraikan elemen-elemen kunci dari kebijakan ekonominya, dengan mengatakan bahwa pemerintahannya akan berusaha untuk mengembangkan industri semikonduktor, kecerdasan buatan, militer, teknologi pengawasan, dan komunikasi di Taiwan. Dia juga berjanji untuk menaikkan upah dan juga mempertahankan lingkungan investasi yang ramah.

Pada Senin, China menjatuhkan sanksi simbolis terhadap Boeing Defense, Space & Security, dan dua perusahaan lain atas penjualan senjata ke Taiwan. Beijing kemungkinan akan segera menanggapi pidato Lai.

Penghubung utama AS untuk Taiwan, Laura Rosenberger, menghadiri upacara pelantikan Lai pada hari itu, dan dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengucapkan selamat kepada Lai karena telah menjadi presiden.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Lai dan seluruh spektrum politik Taiwan untuk memajukan kepentingan dan nilai-nilai bersama, memperdalam hubungan tidak resmi yang telah berlangsung lama, serta menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," ujar Blinken.

Ketegangan di Selat Taiwan telah meningkat sejak pertengahan tahun 2022, ketika Ketua DPR AS saat itu, Nancy Pelosi, mengunjungi Taipei dan bertemu dengan para pemimpin puncak. Beijing menanggapi kunjungan tersebut dengan latihan militer yang melibatkan blokade pura-pura dan rudal yang diterbangkan di atas Taiwan.

Setelah kemenangan Lai dalam pemilihan umum awal tahun ini, para pejabat keamanan Taiwan memperingatkan bahwa Beijing dapat meningkatkan tekanan terhadapnya setelah ia mengambil alih kekuasaan, sementara juga menawarkan insentif ekonomi bagi mereka yang membantu memajukan tujuan penyatuan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin bahwa mereka terus memantau Selat Taiwan dan bahwa operasinya berjalan normal. Pekan lalu, China mengatakan akan memberikan sanksi kepada lima komentator politik Taiwan dan mengeluarkan undang-undang untuk menghukum "separatis".

Masa jabatan Lai juga dapat dipersulit oleh oposisi Kuomintang yang mengendalikan badan legislatif, bahkan ketika ekonomi terus melaju, berkat tren AI yang telah meningkatkan ekspor semikonduktor dan server.

Anggota parlemen KMT bergerak untuk memperluas kekuasaan mereka di badan legislatif dengan mendorong RUU yang akan mengharuskan Lai untuk menyampaikan pidato kenegaraan kepada mereka setiap tahun dan tampil secara terpisah untuk menjawab pertanyaan. Setiap pejabat yang ketahuan berbohong kepada anggota parlemen dapat dipenjara.

Menyoroti betapa kontroversialnya politik dalam negeri Taiwan selama masa jabatan Lai, anggota parlemen dari dua partai utama terlibat pertengkaran fisik di badan legislatif pada Jumat.

(bbn)

No more pages