Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian proses desalinasi juga membutuhkan energi yang cukup besar. Dalam konteks ini, Elon mengatakan solusinya terletak pada energi surya yang selama ini masih sering diremehkan.

"Jadi jika Anda memikirkan bagaimana jadinya bumi tanpa matahari, bumi akan menjadi bola es gelap yang membeku dengan suhu sekitar 3 derajat di atas nol mutlak. Ini akan sangat tidak menyenangkan, sangat dingin dan gelap, tapi karena sinar matahari, suhu kita cukup bagus, cukup menyenangkan, kira-kira 300 derajat di atas nol mutlak, dan matahari menggerakkan hampir seluruh ekosistem bertenaga surya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Elon mengatakan untuk kebutuhan 1 gigawatt listrik dibutuhkan panel surya dengan luas 1 kilometer persegi. "Jadi jika Anda menghitung secara kasar untuk memberi listrik pada Amerika Serikat, yang merupakan pengguna listrik terbesar, hanya membutuhkan kurang dari 200 x 200 kilometer panel surya, yang akan memberi daya pada seluruh Amerika Serikat," ujarnya.

"Saya sangat merekomendasikan kombinasi tenaga surya dan baterai atau angin dan tenaga surya yang dapat memenuhi banyak kebutuhan energi dunia," ujarnya.

(red)

No more pages