Logo Bloomberg Technoz

Minyak mentah, salah satu komponen terbesar dalam indeks, sebagian besar diuntungkan oleh permintaan yang kuat dan kekhawatiran tentang gangguan pasokan di Timur Tengah. Sementara logam industri dan logam mulia menarik minat baru dari investor bullish sementara spekulasi bearish mulai terkuak.

Indeks komoditas. (Sumber: Bloomberg)

Tembaga

Perbedaan besar antara harga tembaga yang diperdagangkan di New York dan bursa komoditas lainnya telah mengguncang pasar global untuk logam tersebut, mendorong permintaan pasokan yang besar untuk dikirim ke AS. Sumber gangguan adalah short squeeze yang mendorong harga di bursa Comex ke rekor tertinggi minggu lalu. 

Premi yang diperoleh oleh kontrak berjangka tembaga New York di atas harga London Metal Exchange pada satu titik naik menjadi lebih dari US$1.200 per ton dibandingkan dengan perbedaan tipikal yang hanya beberapa dolar. Meskipun pasar telah turun dari level ekstrem tersebut, pasar masih menunjukkan tanda-tanda tekanan yang signifikan.

Grafik harga tembaga. (Sumber: Bloomberg)

Jus Jeruk

Harga jus jeruk berjangka telah melonjak ke rekor tertinggi, menambah tekanan bagi konsumen minuman sarapan pokok ini. Masalah panen jeruk di Brasil dan AS turut mendorong kenaikan harga yang tak henti-hentinya. 

Brasil diperkirakan akan mengalami panen jeruk terburuk dalam 36 tahun, yang akan berdampak dramatis pada pasokan jus global. Negara Amerika Selatan ini menyumbang sekitar 70% dari total ekspor minuman tersebut. Di AS, kebun jeruk Florida juga telah menderita kerusakan selama beberapa dekade akibat penyakit dan cuaca, sehingga membatasi pasokan dari produsen jus terbesar AS.

Grafik jus jeruk berjangka. (Sumber: Bloomberg)

LNG

Sudah empat bulan sejak kapal tanker gas alam cair (LNG) melintasi selat sempit yang memisahkan Semenanjung Arab dan Afrika, bukti bagaimana serangan kekerasan di sana telah mengganggu perdagangan energi global. Sementara puluhan kapal semacam itu biasa melintasi Selat Bab al-Mandab setiap bulan sebelum eskalasi perang Israel-Hamas, serangan oleh Houthi telah mengurangi jumlahnya menjadi nol sejak pertengahan Januari.

Kapal-kapal terpaksa dialihkan ke sekitar Afrika untuk mengangkut bahan bakar antara cekungan Atlantik dan Pasifik, membuat pembeli hanya memiliki pemasok yang terbatas kecuali mereka bersedia membayar biaya pengiriman yang lebih tinggi.

Perlintasan LNG. (Sumber: Bloomberg)

Minyak

Dengan semakin dekatnya musim puncak permintaan bahan bakar di belahan bumi utara, para pedagang minyak sangat fokus pada margin penyulingan dan apakah ada peningkatan yang akan terjadi.

Meskipun bensin dan solar terus diperdagangkan dengan premi yang sehat terhadap minyak mentah, harganya telah menurun dalam beberapa minggu terakhir yang menambah tekanan pada harga minyak acuan dan membebani pasar minyak fisik. Jika margin tidak meningkat saat memasuki musim panas, hal ini bisa memberikan gambaran yang lebih bearish untuk minyak mentah.

Margin bahan bakar. (Sumber: Bloomberg)

(bbn)

No more pages