Logo Bloomberg Technoz

Helikopter Presiden Iran yang Jatuh Bawa 9 Orang, Termasuk Menlu

Redaksi
20 May 2024 08:50

Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Bloomberg)
Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sembilan orang berada di helikopter yang jatuh di barat laut Iran pada Minggu (19/05/2024), termasuk tiga pejabat, seorang imam, dan anggota tim penerbangan dan keamanan.

Seperti dilaporkan media Sepah, yang juga dilaporkan oleh CNN, tiga pejabat tersebut termasuk Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian, dan Guberur Provinsi Azerbaikan Timur Malek Rahmati. Penumpang lain adalah imam salat Jumat Tabriz Mohammad Ali Alehashem serta seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal lainnya.

Diberitakan media pemerintahan Iran, IRNA, Rusia berencana mengirim pesawat khusus dan 50 orang dari tim penyelamatan gunung profesional ke lokasi jatuhnya pesawat.

Dua helikopter khusus Rusia akan dikirim ke lokasi jatuhnya helikopter dari Armenia. Menurut IRNA, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pengiriman tersebut.

Pihak militer mengatakan telah menerima sebuah sinyal dari helikopter dan telepon genggam salah satu anggota kru di lokasi jatuhnya helikopter, tetapi lokasi tepatnya masih terus dicari. Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, Pir-Hossein Koulivand, mengatakan kepada TV pemerintah Iran, IRINN, bahwa para kru masih mencari di sekitar tempat sinyal terdeteksi.