Logo Bloomberg Technoz

"Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepakbola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini. Sebab saya berpendirian,  karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi," imbuhnya.

FIFA, federasi sepak bola dunia dengan anggota 211 tersebut membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal tersebut diterakan dalam situs resmi FIFA.com.

"Setelah pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir hari ini, FIFA memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena memperhatikan kondisi yang terjadi," diterakan dalam laman web resmi FIFA, Rabu (29/3/2023).

Saya sudah berjuang maksimal

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

FIFA telah mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 (usia di bawah 20 tahun) dan menyebutkan bahwa potensi sanksi terhadap PSSI akan diputuskan segera. 

"Tuan rumah baru akan diumumkan secepat mungkin dengan tanggal turnamen tetap tidak berubah. Sanksi potensial terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," demikian diterakan situs FIFA.com.

Diketahui drawing Piala Dunia U-20 batal diadakan di Bali buntut dari penolakan Gubernur Bali Wayan Koster yang melarang tim U-20 Israel bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Surat penolakan itu dikirimkan ke menpora dan ditandatangani oleh Koster pada 14 Maret 2023 lalu. FIFA lalu membatalkan penyelenggaraan undian U-20 yang akhirnya berdampak pada dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah U-20 tahun ini.

(ezr)

No more pages