Logo Bloomberg Technoz

Piala Dunia U-20

U-20 Batal di Indonesia, Erick Sebut RI Harus Tunduk pada FIFA

Ezra Sihite
30 March 2023 00:18

Menteri BUMN Erick Thohir saat berada di Kejaksaan Agung (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Menteri BUMN Erick Thohir saat berada di Kejaksaan Agung (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir sudah menyampaikan surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada FIFA soal Piala Dunia U-20. Namun akhirnya Indonesia harus menerima kenyataan dicoret FIFA sebagai tuan rumah U-20 tahun ini.

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir dari Doha, Qatar sebagaimana dikutip dari keterangannya kepada media pada Rabu (29/3/2023).

Erick mengatakan dia sudah menyampaikan kepada Infantino betapa sepak bola sangat dicintai di Indonesia termasuk tim U-20 pula suporter sepak bola yang sangat menunggu perhelatan ini, namun akhirnya keputusan FIFA adalah tak menyelenggarakannya di Indonesia.

"Tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," lanjut Erick.

U-20 FIFA World Cup. (Dok. Fifa)

Ketua Umum PSSI ini mengatakan, sekalipun Indonesia tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 namun Indonesia harus bisa membuktikan bahwa sepak bola di negeri ini bisa menjadi lebih baik.