Logo Bloomberg Technoz

Budi Arie: Starlink Harus Comply Terhadap Aturan di Indonesia

Redaksi
19 May 2024 20:11

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi. (Bloomberg Technoz/Raden Nurhadi)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi. (Bloomberg Technoz/Raden Nurhadi)

Bloomberg Technoz, Denpasar - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa layanan internet Starlink milik Elon Musk harus taat terhadap aturan di Indonesia. Izin operasi terhadap Starlink juga akan direview setiap tahun.

“Starlink harus tetap comply dengan aturan kita dan itu izinnya setiap tahun,” ujar Budi Arie, seusai peluncuran layanan internet PT Starlink Services Indonesia (SSI) di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Denpasar, Bali. Pekuncurkan langsung dilakukan oleh CEO SpaceX, Elon Musk.

Budi Arie yang merupakan Ketua Relawan Jokowi Projo, mangatakan Starlink ini merupakan sebuah teknologi yang bagus karena memiliki kecepatan yang tinggi. Dia mencontohkan pada saat peluncuran hari ini, kecepatan Starlink naik ke 300 mbps.

"Tadi juga dilihat kan perbandingannya, sebelum ada sinyal itu cuma 17 mbps, terus langsung lompat ke 300 mbps," jelasnya.

Budi Arie menegaskan kehadiran Starlink akan membantu layanan publik seperti Puskemas dan Pendidikan terutama di daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar.