Logo Bloomberg Technoz

Perak adalah target pasar pedagang ritel Reddit pada 2021 di tengah serbuan pembelian di GameStop Corp dan saham-saham berkapitalisasi kecil lainnya yang memikat dunia keuangan.

Penembusan logam mulia melewati level IS$30 dapat memicu aktivitas pembelian besar oleh dana yang diperdagangkan di bursa – meningkatkan risiko tekanan perak, menurut ahli strategi komoditas senior TD Securities, Daniel Ghali.

Investor tetap menjadi penjual bersih ETF perak yang didukung secara fisik, dengan kepemilikannya turun 1,7% pada hari Kamis, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Dalam pekan yang berakhir tanggal 14 Mei, para manajer keuangan meningkatkan taruhan bullish mereka pada perak berjangka Comex ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun. Gross short yang dimiliki oleh para investor ini menyumbang 11% dari total open interest pada 14 Mei.

Meskipun kenaikan harga perak telah melampaui kenaikan emas, harga tersebut masih relatif murah.

Kedua logam mulia ini sebagian besar bergerak beriringan karena keduanya menawarkan sifat lindung nilai makro dan mata uang yang serupa.

Dengan emas yang mencapai rekor pembelian bank sentral, minat ritel di China, dan kebangkitan spekulasi bahwa suku bunga AS akan lebih rendah, perak juga ikut naik.

Meskipun minat investor terhadap dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung perak masih terbatas, penjualan fisik telah meningkat, termasuk di dealer Silver Bullion Pte.

Perak memiliki karakter ganda, dihargai karena kegunaannya sebagai aset keuangan dan masukan industri, termasuk untuk teknologi energi ramah lingkungan.

Logam ini merupakan bahan utama dalam panel surya, dan dengan pertumbuhan yang pesat dalam industri tersebut, penggunaan logam tersebut diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi pada tahun ini, menurut Silver Institute.

Dengan kondisi tersebut, pasar akan mengalami defisit selama empat tahun, dan defisit tahun ini dipandang sebagai defisit terbesar kedua dalam sejarah.

(bbn)

No more pages