Logo Bloomberg Technoz

Negara ini menargetkan untuk menghentikan penggunaan tenaga batu bara secara bertahap pada tahun 2050, meskipun hanya sedikit kemajuan yang dicapai untuk mencapai tujuan tersebut, demikian ungkap Global Energy Monitor dalam sebuah laporannya bulan lalu. 

Penambahan kapasitas batu bara baru menyoroti kesulitan negara ini dalam beralih ke tenaga surya dan angin, sebuah faktor yang menjadi rintangan bagi perusahaan-perusahaan yang mencari energi yang lebih bersih, seperti Samsung Electronics Co. dan Hyundai Motor Co.

Lokasi pantai Maengbang, lokasi pemotretan ikonik untuk sampul album 'Butter' dari grup K-Pop BTS.

Batu bara merupakan sumber listrik terbesar di negara ini pada tahun 2022, hampir sepertiga dari total keseluruhan, menurut data yang dikumpulkan oleh BloombergNEF.

Bahan bakar yang menimbulkan polusi ini diperkirakan akan menyediakan sekitar 20% dari pembangkitan listrik pada akhir dekade ini.

Pantai yang menjadi cover album Butter BTS. (Dok: Bloomberg)

Pembangkit listrik tenaga batu bara Samcheok, yang memiliki kapasitas gabungan 2,1 gigawatt, mulai mengoperasikan salah satu dari dua unitnya pada hari Jumat, menurut seorang pejabat perusahaan.

(bbn)

No more pages