Logo Bloomberg Technoz

Produksi industri tumbuh 6,7% di bulan April, melampaui estimasi, sementara aktivitas properti terus lesu dan konsumsi mengecewakan.

Permintaan logam di China relatif lebih baik meskipun sektor real estate mengalami kesulitan, dibantu oleh pertumbuhan di sektor energi baru dan ekspor barang-barang manufaktur. Aluminium di Shanghai Futures Exchange— bursa komoditas utama negara ini— diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir.

Produksi logam China juga telah pulih dari tekanan serius tahun lalu, ketika kekeringan di provinsi Yunnan mengganggu pembangkit listrik tenaga air dan memaksa pabrik-pabrik peleburan tidak berproduksi. Pembangkit listrik tenaga air tumbuh 21% pada bulan April dari tahun sebelumnya, berkat hujan yang melimpah.

Di sisi lain, penurunan 8,4% dari tahun ke tahun pada pembangkit listrik tenaga angin dari instalasi-instalasi besar dapat berarti bahwa meskipun dengan lonjakan tenaga air, jaringan listrik membutuhkan lebih banyak tenaga batu bara untuk memenuhi kenaikan permintaan.

(bbn)

No more pages