Logo Bloomberg Technoz

BEI Minta Penjelasan Rinci Soal Rencana Merger FREN dan EXCL

Sultan Ibnu Affan
17 May 2024 15:40

Ilustrasi operator seluler XL Axiata (EXCL) dan Smatfren (FREN). (Dok: Kolase XL dan Smartfren/situs perusahaan)
Ilustrasi operator seluler XL Axiata (EXCL) dan Smatfren (FREN). (Dok: Kolase XL dan Smartfren/situs perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta manajemen PT XL Axiata Tbk (EXCL) untuk menjelaskan secara detail mengenai rencana mergernya dengan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) beberapa waktu lalu itu.

Dalam keterbukaan informasinya, Jumat (17/5/2024), manajemen EXCL menegaskan bahwa rencana merger kedua perusahaan itu masih berada dalam tahap evaluasi awal, dengan masing-masing tetap ingin menjadi pengendali dari MergeCo.

"Sebagaimana yang disampaikan oleh Axiata dalam siaran persnya, tidak ada kepastian bahwa diskusi yang berjalan saat ini akan menghasilkan suatu kesepakatan yang mengikat dan tidak pula penyelesaian dari rencana transaksi," ujar Sekretaris Perusahaan EXCL Ranty Astary Rachman.

Selain itu, BEI juga meminta penjelasan lebih rinci mengenai sinergi yang dihasilkan dari perjanjian yang tidak mengikat tersebut.

Dalam kaitan itu, Ratna menjawab, perseroan meyakini jika hasil merger Axiata Group Bhd dan Group Sinar Mas ini akan memiliki kelincahan yang strategis dan kompetensi kemampuan yang mumpuni untuk meningkatkan industri telekomunikasi di Tanah Air.