Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Malaysia Kuartal I-2024 Tumbuh 4,2%, Didorong Ekspor

News
17 May 2024 14:40

Ekonomi Malaysia (Sumber: Bloomberg)
Ekonomi Malaysia (Sumber: Bloomberg)

Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Malaysia tumbuh lebih cepat dari perkiraan awal pada kuartal pertama, didorong oleh pengeluaran swasta dan peningkatan ekspor.

Menurut bank sentral Malaysia dan departemen statistik dalam jumpa pers bersama pada Jumat (17/05/2024), produk domestik bruto (PDB) tumbuh 4,2% pada periode Januari-Maret. Angka ini lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 3,9% dan juga perkiraan median dalam survei Bloomberg. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ekonomi tumbuh 1,4%.

Meskipun sektor jasa yang kuat dan output manufaktur membantu mendorong ekonomi, kinerja yang lebih baik dari perkiraan sebelumnya di segmen pertanian dan konstruksi turut berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan secara keseluruhan.

Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM), Abdul Rasheed Ghaffour, mengatakan dalam jumpa pers di Kuala Lumpur bahwa indikator berjangka menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan bagi ekonomi Malaysia. Ia memperkirakan pengeluaran konsumen akan meningkat, didukung oleh tingkat pendapatan yang lebih tinggi, neraca keuangan yang sehat, dan dukungan dari pemerintah.