Logo Bloomberg Technoz

"Merek China harus berinvestasi di luar China," guna "menghindari proteksionisme yang lebih parah," kata Ricardo Bastos, Direktur Hubungan Institusional Great Wall di Brasil.

Raksasa industri baru dari Beijing tidak diterima di AS. Mereka dicurigai di Eropa Barat, meskipun Perdana Menteri Prancis mengatakan kepada Presiden Xi Jinping yang sedang berkunjung minggu lalu bahwa negaranya akan menyambut produsen mobil China. Hampir di semua tempat lain, mereka terus maju.

Menurut sebuah studi terbaru investasi langsung China di Asia Tenggara hampir empat kali lipat tahun lalu. Di industri otomotif, BYD memiliki proyek besar di Hungaria, dan Chery Automobile bulan lalu mengumumkan rencana produksi di Thailand.

Secara keseluruhan, investasi asing China di sepanjang rantai nilai kendaraan listrik menurut lembaga kajian Rhodium Group kemungkinan memecahkan rekor di atas US$30 miliar pada 2023.

Dalam sebuah wawancara di kantor pusat perusahaan di Sao Paulo, Bastos mengatakan dia melihat Brasil sebagai gerbang ke seluruh wilayah, "dari Meksiko, Kolombia, Argentina hingga Peru." Pasar mobil Amerika Latin bernilai hampir US$130 miliar.

Brasil sendiri merupakan pasar yang besar - dan merupakan pasar yang harus dimenangkan oleh produsen China, menurut Yale Zhang, Managing Director konsultan Automotive Foresight di Shanghai. Mereka menghadapi "banyak hambatan nyata yang menghentikan mereka memasuki pasar besar dan berkembang," katanya. "Jadi tentu saja mereka perlu menguasai pasar negara berkembang terbesar."

BYD dan Great Wall belum menjadi pemain papan atas di sana, tetapi pangsa mereka meningkat pesat. Dan dalam penjualan kendaraan listrik, mereka telah merebut dua posisi teratas - bahkan membuat pembeli kelas atas Brazil terkesan dengan kombinasi harga rendah dan teknologi tinggi.

Dominasi produsen kendaraan listrik China di Brasil. (Sumber: Bloomberg)

Mobil China dikenal "buruk dan murah" saat pertama kali masuk, kata Thiago Luiz Ferraz Pereira, seorang pengacara berusia 38 tahun di Sao Paulo. "Lalu datang gelombang baru ini." Dia membayar 314.000 reais (Rp978 juta) enam bulan lalu untuk SUV kompak Haval H6 milik Great Wall, memilihnya dibandingkan model hybrid BMW X3 yang harganya sekitar 60% lebih mahal. "Saya mendapatkan mobil yang jauh lebih bagus dengan harga yang jauh lebih rendah," katanya.

Namun, BYD dan Great Wall tidak akan mendapatkan semuanya dengan mudah di Brasil. Bahkan di bawah Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, teman lama Beijing, ada rintangan yang diberlakukan pemerintah yang harus mereka lewati.

Stellantis, Toyota, dan Volkswagen termasuk di antara raksasa otomotif global yang telah menjanjikan sekitar US$19 miliar investasi di Brasil, hampir semuanya sejak pertengahan 2023 - menempatkan negara tersebut di atas Meksiko sebagai tujuan teratas di Amerika Latin.

Sebagian besar dana tersebut digunakan untuk mobil hibrida yang memiliki mesin listrik dan juga mesin yang menggunakan bensin - atau etanol, untuk memanfaatkan bahan bakar yang diproduksi secara lokal dari tanaman tebu Brasil. Kendaraan listrik saat ini hanya merupakan sebagian kecil dari pasar lokal, tetapi persaingan akan semakin ketat, menguji kemampuan duo China untuk terus memperluas pangsa mereka.

Investasi produsen mobil di Brasil. (Sumber: Bloomberg)

Semua ini merupakan bagian dari strategi Lula untuk melakukan re-industrialisasi Brasil - dalam arti tertentu, meniru strategi China.

Terdapat perbedaan mencolok dalam sejarah ekonomi kedua negara. Industri otomotif Brasil telah ada selama lebih dari satu abad, sejak Ford membangun pabrik di sana, dan pernah mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, manufaktur telah menyusut dengan cepat sejak 1980-an - tepat ketika pabrik-pabrik China mulai beroperasi dan mendorong ekspor bahan baku Brasil.

Lula, seorang anggota serikat pekerja yang memulai karirnya di kota yang dikenal sebagai Detroit-nya Brasil, memimpikan kebangkitan kembali industri, dan dia telah meluncurkan serangkaian rencana untuk membangun kembali sektor otomotif dan mempercepat transisi ramah lingkungan.

Lula turut mendirikan BRICS, kelompok negara berkembang bersama China, dan dia berharap Beijing mendukung mimpinya. Segera setelah menjabat untuk ketiga kalinya pada awal 2023, dia mengunjungi Xi Jinping dan pulang dengan janji investasi China senilai sekitar 50 miliar reais.

Lula menggunakan berbagai cara, selain dukungan finansial, untuk menarik investasi. Dia menerapkan tarif 10% pada impor kendaraan listrik tahun ini, dan tarif tersebut akan dinaikkan menjadi 35% pada tahun 2026.

Tidak seperti tarif yang dikenakan oleh AS dan sedang dipertimbangkan di Eropa, kebijakan ini tidak secara khusus ditujukan kepada produsen mobil China. Namun, kebijakan tersebut sudah membuat Great Wall mengubah rencana dan memilih untuk memproduksi SUV Haval di Brasil - yang merupakan produk terlaris secara lokal dan dengan demikian merupakan pilihan yang lebih aman - alih-alih truk pickup yang mereka rencanakan sebelumnya.

Selain itu, untuk mengekspor mobil buatan Brasil ke negara-negara Amerika Latin lainnya tanpa tarif, produsen perlu mendapatkan sekitar setengah dari komponen mereka secara lokal. Jika mereka tidak dapat memenuhi kriteria itu, BYD dan Great Wall berisiko kehilangan keunggulan harga mereka.

Kedua perusahaan berencana untuk memulai dengan apa yang dikenal di industri sebagai mobil "completely knocked down" (CKD) - artinya suku cadang akan diimpor dari China dan dirakit secara lokal - sambil mempercepat pencarian pemasok lokal.

Pasar mobil terbesar. (Sumber: Bloomberg)

Mereka mengakui itu akan menjadi tantangan. Ada kekurangan pemasok karena industri di Brasil menurun dalam beberapa tahun terakhir, kata Tyler Li, presiden BYD Brazil. Namun, dia mengatakan perusahaan tersebut bertujuan untuk memproduksi 60% komponen di dalam negeri dalam waktu lima tahun.

Bastos dari Great Wall mengatakan akan sangat membantu jika baterai dapat diproduksi di Brasil, dan perusahaan "akan berupaya untuk mewujudkannya."

Itu adalah contoh bagaimana kedatangan produsen mobil asing dapat membawa manfaat lanjutan bagi Brasil - termasuk dalam mempekerjakan dan melatih pekerja, yang merupakan prioritas utama Lula.

BYD, yang pabriknya akan memiliki kapasitas awal 150.000 mobil per tahun, telah berkomitmen untuk menciptakan 5.000 lapangan kerja tetapi jumlah aktual kemungkinan akan lebih dari dua kali lipat, menurut Li. Dan itu hanya pekerjaan langsung, belum termasuk keuntungan di sepanjang rantai pasokan. BYD juga bermitra dengan perusahaan energi lokal untuk membangun 600 stasiun pengisian daya di delapan kota, mengatasi kekurangan yang dapat membatasi penjualan kendaraan listrik.

Tipe mobil yang mendominasi. (Sumber: Bloomberg)

Operasi Great Wall di Iracemapolis dekat Sao Paulo akan lebih kecil, memulai dengan kapasitas sekitar 50.000 unit. Ini adalah konversi dari pabrik Mercedes Benz tua yang pajaknya pernah menyumbang sekitar 40% dari pendapatan kota. Pabrik baru ini akan mencakup pusat penelitian dan pengembangan dan pada akhirnya dapat mempekerjakan 2.000 orang, kata Bastos.

Membawa teknologi dan pengetahuan dari luar negeri adalah cara bagaimana banyak industri China menjadi pemimpin dunia. Sekarang mereka berada di pihak yang berbeda - dan itu membawa risiko serta peluang bagi Beijing.

China telah mengambil pelajaran dari penurunan industri di negara-negara seperti Brasil, dan penasihat pemerintah memperingatkan agar seperti itu tidak terjadi lagi. Itulah salah satu alasan mengapa Xi menjadikan manufaktur canggih sebagai prioritas tinggi sejak pandemi - menyebutnya sebagai "jalur kehidupan" negara itu dan mendorong ekonomi yang didorong oleh produk berteknologi tinggi seperti kendaraan listrik.

Jika industri tersebut berinvestasi dan menciptakan lapangan kerja di luar negeri, mereka mungkin akan melakukan lebih sedikit investasi di China, di mana pertumbuhan telah melambat. Terlebih lagi, meskipun Beijing telah mendukung ekspansi perusahaan China di luar negeri, Beijing mungkin khawatir bahwa mereka akan kehilangan keunggulan karena adanya transfer teknologi, menurut analis Rhodium Group.

Pada akhirnya, karena hubungan dengan Barat memburuk, investasi asing mungkin menjadi taruhan terbaik China untuk menjaga hubungan ekonomi yang baik dengan negara berkembang lainnya. Di sanalah pasar konsumen raksasa masa depan akan ditemukan. Namun - seperti Brasil di bawah kepemimpinan Lula - negara-negara tersebut juga bercita-cita menjadi produsen.

“Mobil adalah produk yang dilihat semua orang setiap hari,” kata Zhang, konsultan otomotif Shanghai. “Bagi negara mana pun yang memiliki ambisi industri sekecil apa pun, melihat semua mobil yang berjalan di jalan-jalannya 100% didatangkan dari negara lain – hal ini sangat menyakitkan.”

(bbn)

No more pages