Logo Bloomberg Technoz

“Elon Musk akan diundang sebagai pembicara publik pada pembukaan World Water Forum Ke-10,” terang Luhut. World Water Forum ini menjadi event internasional terbesar dan strategis yang akan diikuti oleh sekitar 50.000 orang multi-stakeholders yang terdiri dari  Kepala Negara, Parlemen, Kepala Organisasi Internasional, Menteri, Pemerintah Daerah, CEO, Pakar dan Akademisi, dan lainnya.

Mendorong Starlink Perluas Akses Internet

Keberadaan investasi langsung Starlink melalui PT Starlink Services Indonesia (SSI) diharapkan mampu memperluas jangkauan internet di Indonesia. Khususnya pada wilayah terpencil atau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Untuk pasar domestik Starlink telah mengantongi perizinan Uji Laik Operasi (ULO) dari Kementerian Kominfo. Pengurusan ULO merupakan sebuah rangkaian uji sistem dan layanan sebelum mendapatkan izin penyelenggaraan telekomunikasi.

Budi Arie dalam sebuah bincang–bincang bersama media menjelaskan bahwa Starlink memang cocok dengan target perluasan akses internet di Indonesia. Starlink Indonesia akan didorong menjamah wilayah non–perkotaan. Sementara kota–kota besar, termasuk Jakarta, tetap masih akan menggunakan jaringan eksisten seperti fiber optic.

“Masak di Jakarta pakai satelit,” jelas Budi Arie. “Jangan membayangkan pelayanan Starlink di Jakarta, nggak mungkin dia kompetitif. Jakarta kan pakai fiber, wireless kencang.”

(lav/wep)

No more pages