Logo Bloomberg Technoz

Ini Daftar PSN yang Akan Diselesaikan Sampai 2024

Krizia Putri Kinanti
29 March 2023 17:32

Proyek PSN Kementerian PUPR (Dok. Kementerian PUPR)
Proyek PSN Kementerian PUPR (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya tengah mengejar penyelesaian beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Dia menambahkan, pada sasaran Prioritas Nasional (PN) yang akan dicapai pada tahun 2024, Kementerian PUPR melaksanakan kegiatan melalui 24 Major Project (MP) dengan 827 kegiatan, dengan total biaya Rp 77,34 Triliun. 

"Dalam penyelesaian PSN, Kementerian PUPR tengah melaksanakan pembangunan 9 bendungan, kemudian pembangunan dan rehabilitasi 5 jaringan irigasi, pembangunan 5 jalan tol, 4 SPAM, serta tanggul laut di DKI Jakarta," kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (29/3/2023).

Basuki merinci, PSN yang saat ini tengah dalam proses penyelesaian antara lain yakni Bendungan Manikin, Way Apu, Bulango Ulu, Meninting, Rukoh, Leuwikeris, Lausimeme, Sidan dan Jlantah. Lalu, ada juga pembangunan jaringan irigasi DI. Lhok Guci, DI. Jambo Aye Kanan, DI. Lematang, DI. Baliase, dan DI. Gumbasa.

Selanjutnya, PUPR juga tengah menggenjot pembangunan jalan tol Bogor Ring Road (termasuk Caringin - Salabenda), jalan tol Kayu Agung-Betung, Sigli-Banda Aceh, akses pelabuhan Patimban, dan jalan tol Pasuruan - Probolinggo.