Logo Bloomberg Technoz

Mengintip Pemilik dan Bos Starlink Elon Musk, Ada Warga Indonesia

Redaksi
17 May 2024 09:25

Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Ada warga negara Indonesia dalam struktur pejabat eksekutif PT Starlink Services Indonesia, sebagaimana terekam dalam dokumen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Adalah Leonard Mamahit yang tertulis menduduki posisi direktur. Pria  kelahiran Manado berusia 69 tahun tersebut berdomisili di Kapuk Mas Jakarta. Tidak ada direktur lain selain Leonard. 

Pada posisi komisaris tercantum nama Lauren Ashley Dreyer, pemilik kewarganegaraan Amerika Serikat dan beralamat di Amsterdam, Belanda.  Kedua orang ini tidak memiliki saham di PT SSI. Diketahui bahwa Starlink Indonesia dalam waktu dekat akan merilis resmi layanannya dalam perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Pemilik Starlink Indonesia

Dua entitas bisnis masuk sebagai pemegang saham di Starlink Services Indonesia, yaitu Starlink Holding Netherlands B.V, lewat kepemilikan 99.000 saham dan SpaceX Netherlands B.V, kepemilikan 1.000 saham. Kedua perusahaan beralamat di Amsterdam, Belanda.

PT SSI terdaftar pada 8 September 2022 lewat pengesahan sistem layanan publik Kementerian Hukum dan HAM. SSI adalah bagian dari proyek internet satelit orbit rendah (Low Earth Orbit/LEO) dari Space Exploration Technologies Corp atau SpaceX, perusahaan yang dimiliki oleh miliarder Elon Musk.