Logo Bloomberg Technoz

Adapun untuk jenis blue bond, pemerintah menerbitkan tenor menengah-panjang dalam tiga tranches yaitu 7, 10 dan 20Y memberikan kupon masing-masing 1,57%, lalu 1,91% dan 2,56%. Nilai penerbitan setiap tenor adalah 2 miliar yen, lalu 6,8 miliar yen dan 16,2 miliar yen. Blue bond 20Y yang dijual Indonesia merupakan obligasi biru bertenor terpanjang dalam sejarah.

“Penerbitan Blue Bonds kedua ini memperkuat komitmen Pemerintah terhadap pembiayaan berkelanjutan, khususnya dalam mendukung sektor biru. Penerbitan Blue Bonds ini mendorong peluang bagi sektor swasta untuk terlibat dalam pembiayaan berkelanjutan, sekaligus juga merupakan bukti kolaborasi yang baik dari berbagai pihak yang mendukung pembangunan ekonomi biru di Indonesia,” ujar Suminto, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan.

Penerbitan samurai bond dan blue bond ini menjadi rangkaian SBN valas kedua yang diterbitkan pemerintah tahun ini setelah Januari lalu merilis SBN valas dalam denominasi dolar AS (global bond) senilai US$2,05 miliar.

Penjualan samurai bond yang dilakukan sejak 14 Mei lalu dan ditetapkan pada 17 Mei ini membukukan nilai emisi melampaui emisi samurai bond tahun lalu yang senilai 104,8 miliar di mana sebanyak 20,7 miliar merupakan blue bond. 

Penerbitan samurai bond masih menjadi agenda rutin pemerintah dalam mencari pendanaan APBN memanfaatkan tingkat bunga pinjaman Jepang yang jauh lebih rendah dibanding dolar Amerika Serikat.

Imbal hasil obligasi yen masih di kisaran 1%, jauh lebih rendah dibanding surat utang dalam denominasi dolar AS yang imbal hasilnya sudah di 5,5% di tenor yang sama, menurut indeks Bloomberg.

-- update pada perincian samurai bond yang diterbitkan.

(rui)

No more pages