Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Gandeng Pihak Luar Selidiki Pelecehan Seksual di Kenya

News
17 May 2024 09:50

Presiden Bank Dunia Ajay Banga. (Fotografer: Maira Erlich/Bloomberg)
Presiden Bank Dunia Ajay Banga. (Fotografer: Maira Erlich/Bloomberg)

John Harney - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Dunia (World Bank) menyatakan pada Kamis (16/05/2024) bahwa mereka akan mencari "firma eksternal" untuk meninjau pekerjaan ombudsman bank terkait penyelidikan dugaan pelecehan seksual di sekolah-sekolah di Kenya.

International Finance Corporation (IFC), bagian dari bank tersebut yang memberi pinjaman kepada sektor swasta, telah berinvestasi di Bridge International Academies. Perusahaan tersebut mengelola sekolah-sekolah itu, dan pengawas bank yang disebut Compliance Advisor Ombudsman (CAO), memulai penyelidikan setelah tuduhan pelecehan seksual pada anak muncul.

Pada bulan Maret, IFC mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka sedang memulai rencana aksi berdasarkan rekomendasi kantor tersebut setelah menyelesaikan penyelidikan.

Presiden Bank Dunia Ajay Banga meminta penyelidikan eksternal karena "tuduhan tersebut tidak ditindaklanjuti sedini atau seagresif mungkin," menurut pernyataan bank pada Kamis. Dia menambahkan, "tinjauan tersebut akan berupaya memastikan bahwa staf dan manajemen IFC bekerja sama sepenuhnya dengan CAO sebagaimana diwajibkan oleh kebijakan IFC."