Logo Bloomberg Technoz

Kuartal I-2024, AMRT Serap Capex Rp1 T

Pramesti Regita Cindy
17 May 2024 08:45

Ilustrasi Gerai Alfamart (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Gerai Alfamart (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau lebih dikenal dengan Alfamart menggelontorkan dana untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp4,5 triliun untuk tahun ini. 

Alfamart (AMRT) akan menggunakan belanja modal tersebut guna menambah 1.000 gerai sepanjang 2024, dengan pendanaan berasal dari internal. 

"Untuk alokasi capex di tahun ini berkisar 4,5 triliun untuk Alfamart saja, kemudian fundingnya [pendanaan] masih kita harapkan dari internal perusahaan," ungkap Corporate Secretary PT AMRT Tomin Widian, di Tangerang, Kamis (16/5/2024). 

Pada kuartal I-2024 jumlah belanja modal yang sudah terserap, lanjut Tomin sebesar Rp1 triliun dari total anggaran 2024 yakni Rp4,5 triliun. Ditambah, fokus bisnis Alfamart (AMRT) tahun ini salah satunya adalah ekspansi gerai di luar Jawa dan luar negeri. 

Tomin turut menjelaskan bahwa untuk pangsa ekspansi luar negeri Alfamart masih difokuskan di Filipina sembari melihat potensi dari negara lain. "Saat ini [selain Filipina] baru sebatas melakukan market study. Kalau ada perkembangan lebih lanjut akan kami sampaikan," jelasnya.