Logo Bloomberg Technoz

Mester, yang memberikan suara dalam keputusan kebijakan tahun ini, akan mengundurkan diri pada akhir Juni ketika masa jabatannya berakhir. Dia mengatakan kebijakan berada pada posisi yang baik dan masih terlalu dini untuk mengatakan kemajuan inflasi telah terhenti, menegaskan kembali komentar yang dia buat awal pekan ini.

Williams menyampaikan komentar serupa dalam wawancara dengan Reuters yang diterbitkan pada Kamis, mengatakan dia tidak melihat alasan untuk menyesuaikan kebijakan moneter sekarang. "Saya tidak memperkirakan dalam waktu dekat bisa mendapat keyakinan yang lebih besar untuk melihat kemajuan inflasi menuju target 2%," katanya.

Barkin, berbicara pada Kamis di CNBC, mengatakan permintaan perlu didinginkan lebih lanjut agar mencapai pertumbuhan harga sesuai target The Fed. Dia mencatat inflasi barang telah turun secara signifikan karena rantai pasokan telah pulih.

"Untuk mencapai 2% secara berkelanjutan dengan cara yang tepat, saya hanya berpikir perlu sedikit lebih banyak waktu," kata Barkin, yang juga memiliki memberikan suara dalam keputusan kebijakan tahun ini.

Data yang dirilis pada Rabu (16/05/2024) menunjukkan ukuran inflasi inti AS turun pada bulan April untuk pertama kalinya dalam enam bulan, memberikan beberapa kemajuan ke arah yang diinginkan pejabat The Fed sebelum menurunkan suku bunga. Indeks Harga Konsumen inti (core Consumer Price Index/CPI), yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, naik 0,3% dari Maret setelah tiga bulan lebih tinggi dari yang diperkirakan, menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS).

Gubernur The Fed Atlanta Raphael Bostic, yang juga berbicara pada Kamis, mengatakan dia bersyukur atas penurunan yang terlihat dalam laporan terbaru. Namun, dia mencatat bahwa dia akan mengamati data di bulan Mei dan Juni untuk memastikan angka tersebut tidak berbalik arah.

Jika prospek berkembang seperti yang dia perkirakan - inflasi yang moderat secara perlahan dan momentum ekonomi yang berlanjut - Bostic mengatakan, "mungkin tepat bagi kami untuk menurunkan suku bunga menjelang akhir tahun."

Mester mengatakan laporan tersebut menawarkan "penurunan yang disambut baik" dalam inflasi bulanan. Namun, dia dan pejabat bank sentral lainnya mengatakan mereka ingin melihat lebih banyak data untuk yakin inflasi menuju target 2% The Fed.

Para pejabat mempertahankan suku bunga acuan mereka pada awal bulan ini pada kisaran target 5,25% hingga 5,5% - level yang sama sejak Juli. Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan pada Selasa bahwa para pejabat "perlu bersabar dan membiarkan kebijakan pembatasan melakukan tugasnya."

Barkin menggemakan pandangan itu, mengatakan The Fed perlu mempertahankan biaya pinjaman tinggi untuk periode yang lebih lama untuk memastikan inflasi berada di jalur menuju targetnya, dengan alasan harga yang lebih tinggi di sektor jasa. Para pembuat kebijakan The Fed akan bertemu berikutnya pada 11-12 Juni.

"Menurut saya ada banyak pergerakan di sisi jasa dan itu akan memakan sedikit waktu," kata Barkin. "Saya percaya kita berada di jalur yang benar di sini."

(bbn)

No more pages