Logo Bloomberg Technoz

Polemik memuncak saat PDIP menilai Jokowi berperan dalam meloloskan putera sulungnya Gibran Rakabuming sebagai calon wapres pada Pemilu 2024. Dia juga nampak aktif mendukung dan membantu hingga pasangan calon dengan nomor urut 02 tersebut menang dengan perolehan lebih dari 58% suara nasional.

Meski mengklaimn acara internal, Djarot mengatakan, Rakernas V akan memberikan banyak kejutan. Salah satunya adalah tokoh-tokoh yang akan hadir dalam acara tersebut. Hal ini seolah menunjukkan ada sosok yang tak lazim atau di luar struktur PDIP yang diundang. 

"Kejutan-kejutan apa saja yang nanti akan muncul di Rakernas tunggu saja termasuk juga yang akan diundang," kata Djarot.

Rakernas V PDIP yang mengusung tema Satyam Eva Jayate yang berarti 'kebenaran pasti menang' akan membahas tiga agenda besar. Pertama, menentukan sikap dan posisi partai pada pemerintahan mendatang. Kedua, tentang program-program kerakyatan, ketiga tentang strategi pemenangan partai menghadapi Pilkada serentak 2024. 

Rakernas V juga akan menjadi rapat besar terakhir sebelum PDIP menggelar Kongres pada 2025. PDIP kabarnya berpotensi memiliki nahkoda atau ketua umum baru pada tahun depan.

(red/frg)

No more pages