Logo Bloomberg Technoz

Kevin menjajaki dunia bulu tangkis sejak kecil. Ketika duduk di bangku kelas 6 SD, ia bergabung ke klub bulu tangkis PB Sari Agung di Banyuwangi.

Pada 2006 Kevin mengikuti audisi umum PB Djarum di Kudus pada 2006, akan tetapi ia mengalami kegagalan.

Tak menyerah, Kevin kembali mengikuti audisi setahun kemudian dan dinyatakan lolos seleksi. Kala itu ia menjadi bagian dari klub PB Djarum Kudus.

Kevin pun mengawali karier bersama PB Djarum sebagai pemain tunggal putra. Berdasarkan evaluasi tim pelatih, Kevin dinilai memiliki potensi sebagai pemain ganda putra.

Kevin yang sempat menolak hal itu ternyata menunjukkan banyak kemenangan di nomor ganda putra. Hal itu menjadi jalannya menjadi atlet nasional dan masuk Pelatnas PBSI di Cipayung 2013.

Pasangan di Lapangan

Semasa di lapangan, Kevin telah dipasangkan dengan beberapa atlet terbaik. Yaitu, Lukhi Apri Nugroho ketika masih berada di naungan PB Djarum Kudus. Keduanya berhasil meraih gelar runner up Singapore International Series 2011.

Lalu dengan pasangan Masita Mahmudin. Kedua pernah berhasil masuk babak final BWF World Juniro Champion 2013. Ada juga Selvanus Geh, pasangan Kevin saat berlaga di New Zealand OPen dan meraih juara.

Ternyata selain nama tersebut, Greysia Polli pernah dipasangkan dengan Kevin. Pasangan ganda campuran Kevin-Polli pernah memenangkan ajang Indonesia Open 2014 di babak pertama.

Kian berganti pasangan, Kevin akhirnya digandeng bersama Marcus Gideon. Segudang medali telah mereka raih selama menjadi pasangan di lapangan.

Salah satunya Asian Games 2018, yang berhasil mengibarkan nama mereka di kancah bulu tangkis internasional. Sempat menduduki peringkat 1 dunia oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia, The Minions-julukan Kevin-Gideon, saat ini berada di peringkat 21 dengan 46.423 poin.

Deretan Prestasi yang Pernah Diraih

Beberapa prestasi yang pernah diraih Kevin di antaranya:

  • Medali Emas Asian Games 2018 berpasangan dengan Marcus Gideon
  • Medali Perak Sea Games 2015 berpasangan dengan Marcus Gideon
  • 19 kali juara tur dunia BWF dan 6 kali menjadi runner up berpasangan dengan Marcus Gideon
  • 10 kali juara BWF Superseries dan 2 kali menjadi runner up berpasangan dengan Marcus Gideon
  • 4 kali juara Grand Prix BWF dan 2 kali runner-up berpasangan dengan Selvanus Geh dan Marcus

(dec/spt)

No more pages