Logo Bloomberg Technoz

Pendidikan

Saat banyak politisi di Singapura cenderung berasal dari universitas-universitas ternama di Inggris seperti Oxford atau Cambridge, Wong tidak bersekolah di sekolah-sekolah elit. Dia bersekolah di sekolah lokal yang dianggap biasa dan dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa sangat wajar baginya untuk belajar di dekat rumah tempat teman-temannya berada.

Dia belajar ekonomi di University of Wisconsin-Madison dan mengatakan bahwa dia memilih Amerika Serikat karena negara ini adalah rumah bagi musisi favoritnya.

Wong memiliki gelar Master di bidang Administrasi Publik dari Harvard Kennedy School.

Karier

Wong adalah seorang sarjana pemerintahan dan memulai kariernya sebagai ekonom di kementerian perdagangan.
Dia telah menduduki beberapa pekerjaan terbesar dalam birokrasi Singapura, termasuk kepala eksekutif Otoritas Pasar Energi dan jabatan prestisius sebagai Sekretaris Pribadi Utama Perdana Menteri.

Dia memasuki dunia politik pada tahun 2011 dan diangkat menjadi anggota dewan direksi Otoritas Moneter Singapura, bank sentral. Dia kemudian memegang portofolio budaya, pembangunan nasional, dan pendidikan.

Pada tahun 2020, ia menjadi sorotan sebagai ketua bersama gugus tugas COVID-19 dan memenangkan dukungan karena sikapnya yang tidak mudah goyah saat menjelaskan pembatasan pandemi yang ketat kepada warga Singapura.

Wong diangkat sebagai menteri keuangan pada tahun 2021. Tahun berikutnya ia ditunjuk sebagai wakil perdana menteri dan penerus Lee, setelah memenangkan dukungan dari rekan-rekannya untuk menjadi "yang pertama di antara yang sederajat"--istilah yang digunakan oleh para politisi papan atas Singapura untuk menggambarkan pemimpin yang mereka pilih. Dia menjabat sebagai ketua dewan bank sentral sejak 2023.

Kehidupan Pribadi

Media sosial Wong penuh dengan video-video dirinya memetik gitar--termasuk salah satu lagu Love Story milik Taylor Swift yang diunggah saat puncak kegilaan terhadap Swift ketika sang bintang tampil di Singapura.

Dia adalah seorang pencinta musik yang dihadiahi sebuah gitar oleh ayahnya pada usia 8 tahun. Wong memanfaatkan keahliannya dengan baik dan mengamen sambil belajar di Amerika Serikat. Dia juga menggambarkan dirinya sebagai seorang kutu buku dan penyayang anjing.

Wong menikah pada usia 20-an dan bercerai karena apa yang dikatakannya sebagai masalah ketidakcocokan. Identitas mantan istrinya tidak diketahui secara luas.

Wong telah menikah lagi. Istrinya, Loo Tze Lui, bekerja di bidang manajemen kekayaan dan pasangan ini tidak memiliki anak. Wong adalah seorang penganut Kristen Metodis.

(red/ros)

No more pages