Logo Bloomberg Technoz

Dipaksa meninggalkan jabatan pada 2018 di tengah protes massal atas pembunuhan seorang wartawan investigatif yang menyelidiki korupsi, Fico kembali berkuasa sebagai pemimpin negara tersebut pada Oktober. Partainya adalah kekuatan utama dalam koalisi tiga arah yang skeptis terhadap Uni Eropa, dan telah mengambil tindakan keras terhadap imigrasi. 

Dia telah menjadi tokoh politik yang dominan di Slovakia sejak runtuhnya komunisme lebih dari tiga dekade lalu, dan memenangkan masa jabatan terakhirnya setelah berkampanye untuk menghentikan bantuan militer negara tersebut ke Ukraina. Posisinya yang ramah Rusia telah mengancam merusak kesatuan Uni Eropa dalam membantu Ukraina. 

Kembalinya Fico ke tampuk kekuasaan menandai kebangkitannya yang luar biasa. Dia mengukuhkan kekuasaannya di institusi-institusi negara pada April, ketika Slovakia memilih salah satu sekutu terdekatnya, Peter Pellegrini, untuk menduduki jabatan presiden yang sebagian besar bersifat seremonial.

Sebagai pembicara parlemen, Pellegrini memainkan peran penting dalam mendorong perombakan sistem peradilan yang dilakukan oleh Fico, yang menimbulkan peringatan di Uni Eropa. 

Sebagai sekutu terdekat Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, Fico telah dituduh mengadopsi pedoman Orban untuk menghancurkan lembaga-lembaga independen guna memperkuat kekuasaannya. Pemimpin Slovakia tersebut telah memicu protes di seluruh negara karena menulis ulang hukum pidana dan menghapus kantor kejaksaan khusus yang bertugas memerangi kejahatan serius dan korupsi. 

April lalu, Fico mengecam media di negaranya atas apa yang dia sebut sebagai permusuhan terhadap pemerintah ketika kabinetnya mengusulkan kontrol yang lebih ketat terhadap televisi dan radio publik.

Apa yang kita ketahui tentang upaya pembunuhan terhadap Fico?

Fico sedang berjalan di tengah-tengah kerumunan orang setelah mengadakan pertemuan pemerintah di kota Handlova di Slovakia tengah, ketika saksi mata mendengar empat tembakan dan melihat perdana menteri jatuh ke tanah. 

Seorang tersangka, yang diidentifikasi hanya sebagai Juraj C dari kota barat Levice, ditangkap dan ditahan oleh polisi. Pemerintah mengatakan Fico sedang dirawat dengan “kondisi yang mengancam nyawa” di rumah sakit terdekat di Banska Bystrica. 

Apa dampaknya bagi Slovakia? 

Upaya pembunuhan terjadi pada saat polarisasi politik Slovakia meningkat, dengan lawan menuduh Fico mencoba menciptakan negara mafia. Sekutu-sekutunya menuduh oposisi dan media lokal sebagai penyebab kekacauan di negara itu. 

Sebagai tanda adanya ketegangan di negara itu, beberapa sekutu Fico mengatakan setelah penembakan bahwa lawan politiknya dan media “liberal” adalah penyebabnya. 

Apa perselisihan antara Fico dan Uni Eropa? 

Sejak kembali berkuasa, Fico telah bersekutu dengan Orban dari Hungaria dalam menyerukan penghapusan sanksi Uni Eropa terhadap Rusia setelah invasi besar-besaran ke Ukraina. Dia telah mengganggu Uni Eropa dan sekutunya dengan mengkritik aliansi militer NATO, dan mengatakan dia bermaksud menormalkan hubungan dengan Moskow. 

Orban mengutuk penembakan Fico sebagai "serangan keji terhadap teman saya" dalam sebuah posting di X. Para pemimpin Uni Eropa juga bergegas menyuarakan solidaritas mereka pada Fico dan rakyat Slovakia setelah insiden tersebut. 

(bbn)

No more pages