Logo Bloomberg Technoz

“Ini adalah semacam autoimunitas di mana kita mengetahui pemicunya,” kata ahli imunologi James McCluskey, asisten wakil rektor Universitas Melbourne, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. “Itu tidak biasa. Dalam kebanyakan kasus, kita tidak pernah mengetahui pemicunya.”

Penarikan Vaksin

Menurut Yale School of Medicine, dari lebih dari 18 juta orang yang menerima vaksin J&J dosis tunggal, dilaporkan 60 kasus gangguan pembekuan darah dan sembilan orang meninggal dunia.

Sejumlah kecil kematian terkait pembekuan darah yang terkait dengan vaksin AstraZeneca menyebabkan penarikan atau pembatasan penggunaannya di Denmark, Norwegia, dan negara lain pada 2021. Komplikasi tersebut terjadi pada sekitar 2-3 orang per 100.000 yang divaksinasi dengan suntikan Astra di bawah usia 60 tahun di Australia, di mana vaksin tersebut sudah tidak tersedia lagi sejak Maret 2023. Komisi Eropa menarik otorisasi pemasaran untuk imunisasi tersebut pada Maret 2024.

“AstraZeneca menyambut baik pemeriksaan lebih lanjut tentang kemungkinan mekanisme dasar trombosis dengan sindrom trombositopenia (TTS), mengingat bahwa, meskipun penyelidikan ekstensif, kami belum memahami mekanisme yang dalam kasus yang sangat jarang dapat menjadi pemicu TTS,” kata juru bicara perusahaan tersebut.

J&J juga menyatakan dukungannya terhadap penelitian yang membantu pengembangan vaksin yang aman dan efektif.

“Diperlukan lebih banyak data untuk sepenuhnya memahami faktor potensial yang mungkin terkait dengan kejadian langka ini, termasuk hubungan potensinya dengan adenovirus dan virus lainnya, untuk menarik kesimpulan yang tepat tentang patogenesis yang mendasarinya,” kata perusahaan itu dalam surel.

Kedua suntikan tersebut memainkan peran penting dalam program vaksinasi selama tahapan awal pandemi. Sebuah analisis menemukan bahwa vaksin Astra diperkirakan menyelamatkan sekitar 6,3 juta jiwa pada 2021.

Vaksin mRNA yang dibuat oleh kemitraan Pfizer Inc-BioNTech SE dan Moderna Inc kemudian ditemukan lebih efektif dalam melindungi terhadap Covid dan telah diperbarui untuk mengatasi varian virus terbaru.

(bbn)

No more pages