Logo Bloomberg Technoz

Anna menjelaskan, jemaah haji setelah mendarat di bandara Sultan Hasanuddin dievakuasi menuju Asrama Haji Embarkasi Sudiang Makassar. Saat ini mereka berada di Aula Asrama Haji untuk beristirahat dan menunggu jadwal penerbangan selanjutnya. 

Penerbangan jemaah haji GA-1105 kloter 5 dari embarkasi Makassar terpaksa melakukan pendaratan kembali atau return to base (RTB) akibat munculnya api di mesin pesawat, Rabu (15/5/2024). Penerbangan ini dilakukan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan nomor Boeing B747-400.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh pilot in command [PIC], segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala mesin pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (16/5/2024).

Atas kondisi ini, mesin pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagain dari upaya Garuda Indonesia memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi.

(ain)

No more pages