Logo Bloomberg Technoz

Dengan internet satelit bisa dibilang faktor penghalang antena atau parabola untuk menangkap sinyal jadi kelemahan lain dari Starlink. Open space atau bersih dari halangan apapun menjadi syarat untuk mendapatkan sinyal yang optimal di Starlink.

Lantai beton, dinding bangunan tinggi, pepohonan, jadi beberapa faktor yang harus hilang saat Starlink aktif. Maka beberapa pengguna menceritakan meletakkan antena starlink di atas atap.

Baca Juga: Ada Orang Indonesia di Pemegang Saham Starlink!

Menjaga jarak pandang antena dengan satelit yang mengorbit sangat penting untuk kinerja yang optimal. Pastikan itu agar konektivitas terus hadir tanpa halangan kecil.

Biaya Tinggi

Untuk sebuah layanan internet, Starlink masuk kategori lebih mahal. Beberapa provider yang memanfaatkan jaringan broadband. Harga berlangganan mulai Rp750.000 dan Anda harus membeli perangkat ‘Starlink Kit’ Rp7,8 juta.

Paket berlangganan bisa lebih mahal saat Anda memilih kapasitas lebih besar di paket personal, atau bahkan paket bisnis yang bisa dibawa mobilitas. Pada paket tersebut harga berlangganan mulai Rp4,34 juta per bulan.

Persoalan Lingkungan

Teknologi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit/LEO) milik SpaceX memiliki potensi dampak lingkungan. Hal ini lantaran rancangan satelit Starlink punya risiko kerusakan bahkan bertabrakan hingga menjadi sampah di antariksa. Jika jumlahnya semakin besar beberapa pemerhati lingkungan menjadi khawatir puing–puing di luar angkasa.

Masih kaitannya dengan satelit yang mengorbit rendah, terdapat potensi risiko kemacetan. Terlebih, Elon Musk terus mendorong pengembangan layanan internetnya dengan menambah jumlah satelit LEO. Kritikus mengingatkan orbit akan menjadi penuh sesak dengan ribuan LEO mengudara—juga bisa saling menabrak.

Segala poin kelemahan yang telah disebutkan mayoritas masih dalam skala potensi namun penting untuk menjadi perhatian Starlink, atau buat Anda.

Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

(wep)

No more pages