Logo Bloomberg Technoz

"Kami melihat data April konsisten dengan arah pergerakan dinamika inflasi yang - dalam konteks moderasi dalam ekonomi riil - dapat menghasilkan penurunan suku bunga pada bulan September diikuti oleh penurunan kedua pada bulan Desember," kata Krishna Guha dari Evercore.

Grafik S&P 500 & Nasdaq 100 usai rilis data inflasi AS. (Sumber: Bloomberg)

Indeks dolar Bloomberg turun ke level terendah dalam satu bulan karena mata uang tersebut melemah terhadap semua mata uang negara maju pada Rabu, mengikuti penurunan imbal hasil. Yen menguat 1% terhadap dolar AS ke level tertinggi dalam hampir satu minggu - level yang bertahan pada Kamis pagi.

Laporan inflasi terbaru mungkin memberikan harapan kepada pembuat kebijakan AS bahwa inflasi kembali ke tren penurunan, yang akan membantu membuka jalan bagi penurunan suku bunga. Data penjualan ritel terpisah menunjukkan beberapa pelemahan dari permintaan konsumen yang tangguh yang telah menopang ekonomi.

"Pasar menyukai ini," kata Gary Pzegeo dari CIBC Private Wealth US. "Berita tentang inflasi inti lebih baik dari perkiraan. Penjualan ritel juga menunjukkan beberapa perlambatan dari sektor konsumen yang sebelumnya panas. Secara keseluruhan, ini mendukung penurunan suku bunga The Fed pada musim gugur."

Pergerakan inflasi inti AS. (Sumber: Bloomberg)

Angka IHK berikutnya akan dirilis tepat pada hari yang sama ketika Fed bertemu untuk memutuskan suku bunga, yaitu 12 Juni.

Presiden Bank The Fed Minneapolis, Neel Kashkari, mengulangi bahwa bank sentral kemungkinan perlu mempertahankan suku bunga pada level saat ini "sedikit lebih lama," dan mempertanyakan seberapa besar kebijakan tersebut dapat menahan pereekonomian AS.

Dalam berita perusahaan, Boeing Co menghadapi kemungkinan tuntutan pidana setelah Departemen Kehakiman AS menemukan perusahaan tersebut melanggar perjanjian penundaan penuntutan terkait dengan dua kecelakaan fatal setengah dekade lalu. Chief Executive Officer Walt Disney Co, Bob Iger, mengatakan biaya pemasaran di layanan streaming unggulan Disney+ terlalu tinggi dan akan dipotong.

Harga minyak naik sedikit karena penurunan yang lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah komersial. Harga emas juga naik pada Kamis pagi, menempatkan logam mulia tersebut pada jalur kenaikan harian ketiga.

(bbn)

No more pages