Logo Bloomberg Technoz

Hukum tersebut mengharuskan Israel untuk mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan, tegas pernyataan itu.

Uni Eropa juga mengutuk serangan Hamas terhadap penyeberangan perbatasan Kerem Shalom yang menghalangi pasokan bantuan kemanusiaan.

"Kami menyerukan kepada semua pihak untuk melipatgandakan upaya mereka untuk mencapai gencatan senjata segera dan pembebasan tanpa syarat semua sandera yang ditahan oleh Hamas," kata pernyataan itu.

Operasi militer Israel di Gaza dilancarkan sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang menewaskan lebih dari 1.170 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang, demikian menurut penghitungan AFP atas data resmi Israel.

Militer Israel telah melakukan pengeboman tanpa henti dari udara dan serangan darat di dalam Gaza yang telah menewaskan lebih dari 35.000 orang, sebagian besar warga sipil, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Sekutu-sekutu utama Israel, Amerika Serikat dan Uni Eropa, serta Perserikatan Bangsa-Bangsa, telah memperingatkan Israel agar tidak melakukan operasi besar-besaran di Rafah karena hal itu akan menambah jumlah korban sipil.

(red/ros)

No more pages