Logo Bloomberg Technoz

Membedah Kecanggihan GPT-4o Model AI Terbaru OpenAI

Whery Enggo Prayogi
15 May 2024 13:25

GPT-4o.
GPT-4o.

Bloomberg Technoz, Jakarta - OpenAI memperkenalkan GPT-4o, model AI yang lebih cepat dan lebih murah. Ini bisa mengancam Google, yang baru merilis hasil pengembangan ‘Googling’ berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif dari Gemini.

Dengan dukungan dana miliaran dolar Amerika Serikat (AS), OpenAI terus melahirkan banyak versi dari Generative Pre-training Transformer atau GPT, merupakan pengembangan teknologi kecerdasan buatan dengan pola kerja menggunakan format percakapan.

Model AI baru ini akan memungkinkan orang untuk berbicara dengan ChatGPT atau menunjukkan sebuah gambar, dan OpenAI mengatakan bahwa model ini dapat merespons dalam hitungan milidetik.

GPT-4o, berarti omni, merupakan teknologi yang mampu menerima masukan hasil kombinasi “teks, audio, gambar, dan video, serta menghasilkan output teks, audio, dan gambar. Ini dapat merespons input audio hanya dalam 232 milidetik, dengan rata-rata 320 milidetik, yang mirip dengan waktu respons manusia  dalam percakapan,” terang OpenAI dalam blognya.

GPT-4o.

Kemampuan GPT-4o setara GPT-4 Turbo pada teks dalam bahasa Inggris dan kode, dengan peningkatan yang signifikan pada teks dalam bahasa non-Inggris. Daya kerja GPT-4o lebih cepat dan 50% lebih murah dalam API, klaim perusahaan.