Logo Bloomberg Technoz

Rebalancing MSCI, Saham TPIA Masuk Gantikan TOWR & SMGR

Sultan Ibnu Affan
15 May 2024 09:45

Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - MSCI melakukan perombakan atau rebalancing di MSCI Global Standard Index dan MSCI Small Cap Index. Sejumlah saham di Indonesia masuk untuk menggantikan saham lainnya.

Saham PT Chandra Asri PAcific Tbk (TPIA) akan masuk sebagai konstituen MSCI Global Standard Index. Sementara, saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) akan keluar, seperti dikutip dari keterangan MSCI, Rabu (15/5/2024).

Sementara, ada empat saham yang juga akan masuk ke dalam MSCI Small Cap Index. Keempatnya adalah, PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), TOWR, SMGR, dan PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ).

Sementara, saham yang terdepak dari indeks small cap tersebut adalah, PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI), PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), PT Bank BJB (BJBR), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Metro Healthcare Indonesia Tbk (CARE), dan PT London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP).

Rebalancing akan berlangsung pada 31 Mei 2024. Sementara, perubahan ini akan berlaku efektif pada 3 Juni 2024.