Logo Bloomberg Technoz

Putin menggulingkan Sergei Shoigu, yang telah menjabat sejak 2012, dan menunjuk Belousov yang berusia 65 tahun pada Minggu (12/05/2024) malam dalam sebuah perombakan mengejutkan dari tim pertahanan dan keamanan setelah Putin dilantik kembali sebagai presiden untuk masa jabatan kelima. Shoigu dipindahkan ke peran baru sebagai sekretaris Dewan Keamanan Rusia.

Belousov mengatakan dia tidak memiliki rencana untuk mobilisasi lain dan akan fokus merekrut lebih banyak orang sebagai prajurit kontrak. Putin mengumumkan sebuah rancangan pada September 2022 untuk menambah hingga 300.000 tentara cadangan, yang memicu lonjakan kecemasan publik atas perang dan mendorong eksodus ratusan ribu orang dari negara tersebut.

Dengan pasukan Rusia sekarang melakukan serangan di wilayah Kharkiv di Ukraina bagian timur laut, Belousov mengatakan kepada para legislator bahwa dia memiliki tujuan untuk meningkatkan pasokan senjata, amunisi, dan peralatan lainnya untuk pasukan garis depan.

Dia mengatakan hal tersebut memerlukan kontrol yang lebih ketat terkait pengeluaran dan biaya untuk menyediakan sumber daya bagi senjata baru dan perencanaan yang jelas untuk produksi.

Sementara itu dilaporkan oleh Interfax, mengutip ajudan kebijakan luar negeri Kremlin Yuri Ushakov, Belousov akan pergi bersama Putin ke China dan akan menemani Putin dalam pertemuan informal dengan Presiden Xi Jinping pada Kamis (16/05/2024) bersama dengan Shoigu dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

(bbn)

No more pages