Logo Bloomberg Technoz

Pada sektor kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, telah ditetapkan kebijakan revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 68 Tahun 2022, serta telah dibangun jaringan irigasi untuk pengairan sawah seluas 1.661 hektar.

Selanjutnya, pada sektor ketahanan energi telah beroperasi 20,6 Gigawatt (GW) pembangkit listrik baru, serta meningkatkan potensi produksi gas bumi menjadi 23,3 million tons per annum (MTPA) atau setara 3,3 BCFD.

Sedangkan pada sektor hilirisasi dan penunjang investasi telah dikembangkan 20 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), beroperasinya 8 kawasan industri strategis, serta beroperasinya 8 smelter untuk meningkatkan nilai tambah pada komoditas nikel, bauksit, dan tembaga.

“Terkait dengan kritikal mineral kita sudah membangun PSN yang diantaranya 9 smelter fasilitas pengolahan nikel dengan estimasi output mencapai 2,5 juta ton per tahun, dan 4 smelter fasilitas pengolahan bauksit dengan estimasi output mencapai 3 juta ton per tahun,” katanya.

Untuk diketahui, pada 2024 ini Airlangga  menargetkan 41 PSN rampung pada tahun 2024 dengan nilai secara keseluruhan sebesar  Rp554 triliun.

Beberapa indikator yang perlu dicapai oleh seluruh PSN tersebut dari, penyelesaian seluruh perizinan dan pengadaan lahan, kesepakatan finansial (financial close), groundbreaking, hingga penyelesaian konstruksi.

“Jadi PSN ini diharapkan jadi backbone [penyokong] dari transformasi perekonomian dan komitmen dari stakeholder dalam menyelesaikan program diharapkan bisa selesai pada waktunya,” tutup Airlangga.

(azr/lav)

No more pages