Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Tambah 2 Program Lagi Masuk PSN, Total Jadi 16 Proyek

Azura Yumna Ramadani Purnama
14 May 2024 16:53

Cover Profil 14 PSN Baru, Ada Proyek Sempat Mangkrak (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Cover Profil 14 PSN Baru, Ada Proyek Sempat Mangkrak (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melaporkan bahwa terdapat 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru yang dimasukan pemerintah ke dalam daftar tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menjelaskan pemerintah menambahkan 16 PSN baru yang terdiri dari 14 proyek dan 2 program yang pelaksanaan dan penyelesaiannya mempertimbangkan beberapa aspek.

Seperti, dalam pelaksanaan tidak membutuhkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dapat mendukung program prioritas pemerintah, memberikan dampak yang signifikan dalam pembangunan dan pengembangan ekonomi daerah.

Selanjutnya, memiliki nilai investasi yang tidak kecil, memiliki kecukupan modal yang kuat, penguasaan atas lahan, telah memenuhi perizinan dari Kementerian/Lembaga (K/L) terkait, serta mempunyai perencanaan pembangunan dan pengembangan yang jelas.

“ [16 PSN] kalau tidak pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berarti yang dibutuhkan adalah percepatan perizinan, kemudian fasilitas terkait lahan, kemudian fasilitas agar pembiayaan bisa lebih cepat,” kata Airlangga di acara Rakernas PSN, Selasa (14/5/2024).