Logo Bloomberg Technoz

Router atau perangkat jaringan utama yang menghubungkan pengguna dengan server satelit dapat terhubung ke maksimal 128 devices. Jarak jangkauan sekitar 185 m². Router memiliki standar ketahanan IP rating 54 (IP54). Bobot router 1 kg.

Baca Juga: Tarif Internet Starlink Bisa Cek di Sini

Ketiga, kabel power jenis AC dengan panjang 1,8 m. Keempat kabel untuk penghubung ‘Starlink’ sepanjang 15,2 m. Pengoperasiannya, kabel panjang dimasukkan ke dalam slot ‘Starlink’, pasangakan dudukan yang sudah build-in berpenggerak motor listrik. Hubungkan perangkat ‘Starlink’ ke router. Masukkan kabel power AC ke router, kemudian hubungkan ke jaringan listrik.

Starlink kit menjadi perangkat penting bagi Anda yang ingin berselancar di jaringan internet satelit orbit rendah (LEO) milik Elon Musk via SpaceX. Perusahaan dalam pernyataannya mengklaim menghadirkan koneksi lebih cepat dengan latensi rendah.

Pendaftaran menjadi calon pengguna telah dibuka Starlink. Anda yang tertarik cukup mengakses melalui situs resmi https://www.starlink.com/id. Langkah berikutnya adalah:

  1. Langkah selanjutnya gulirkan dan cari menu ‘Lihat Semua Paket’ kemudian klik

  2. Pilih paket sesuai keinginan Anda, lalu

  3. Klik ‘Pesan Sekarang’

  4. Ikuti instruksi selanjutnya, termasuk menuliskan secara rinci alamat pengiriman.

  5. Konfirmasi alamat dan bayar.

Paket Perangakt Starlink.

Sekadar catatan Starlink menyediakan tiga klasifikasi paket, mulai dari di rumah, untuk mobilitas, dan pemakaian di pedalaman atau perairan yang terisolasi. Starlink Indonesia hingga kini sudah mendapatkan izin Uji Laik Operasi (ULO) dari Kementerian Kominfo sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa saat ini Starlink hadir di wilayah perkotaan sebagai bagian dari uji coba. Ke depan Starlink hanya akan cocok dipakai di daerah yang terisolir dari internet. Jika membidik pasar pengguna perkotaan, Starlink  tidak akan kompetitif secara bisnis.

(fik/wep)

No more pages