Logo Bloomberg Technoz

Pada rentang yang sama pula, penjualan mobil secara eceran melorot 14,8% atau dari 339.954 unit tahun lalu menjadi 289.551 unit tahun ini. 

Suasana pengunjung pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE BSD Tangerang, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)


Penjualan mobil di Indonesia sebenarnya sempat membaik pada Maret. Setidaknya, realisasi penjualan mobil ke dealer pada bulan ketiga mencapai 74.724 unit, naik dari torehan Februari sebanyak 70.698 unit dan Januari 69.647 unit.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kuswara belum lama ini menyebut pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada Juli tahun ini digadang-gadang sanggup menjadi katalis pendongkrak kinerja penjualan mobil di dalam negeri.

"Walaupun salah satu cara untuk mendongkrak penjualan itu dengan pameran, tetapi itu bukan satu-satunya karena isu ekonominya saat ini bukan hanya di Indonesia tapi secara global juga lagi enggak baik-baik aja,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz.

Dia menambahkan Gaikindo memperhatikan adanya kecenderungan minat masyarakat Indonesia mulai bergeser dari mobil jenis serbaguna atau multipurpose vehicle (MPV) ke sport utility vehicle (SUV).

"Kalau masyarakat kita kan masih orientasinya multipurpose oriented ya atau MPV, tetapi [kini] juga bergeser ke arah SUV itu yang masih sangat populer," ujar Kukuh.

Di sisi lain, tren penggunaan mobil listrik atau electric vehicle (EV) dalam beberapa tahun belakangan juga mulai bertumbuh di kalangan masyarakat karena harganya yang makin miring. Selain itu, EV juga menjadi pasar yang sangat potensial bagi kendaraan bermotor di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Untuk itu, Kukuh menilai, seiring dengan peluang dan kian berkembangnya industri otomotif, tidak menutup kemungkinan masyarakat juga jadi ingin lebih tahu jenis maupun produk EV yang mereka inginkan.

"Dan juga sekarang [pasar EV] makin kompetitif ya, pelakunya juga makin banyak, dan ini memang perubahan yang sedang terjadi di dunia bukan hanya di Indonesia saja," jelas Kukuh.

(wdh)

No more pages