Logo Bloomberg Technoz

AS Sebut yang Terjadi di Gaza Bukan Genosida

Redaksi
14 May 2024 16:10

Penasihat keamanan AS Jake Sullivan (Bloomberg)
Penasihat keamanan AS Jake Sullivan (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden tidak memandang pembunuhan warga Palestina di Gaza oleh Israel dalam perangnya dengan Hamas sebagai genosida.

Sullivan mengatakan bahwa AS ingin melihat Hamas dikalahkan. Ia juga mengatakan bahwa warga Palestina yang terjebak di tengah-tengah perang berada di "neraka" dan bahwa operasi militer besar-besaran oleh Israel di Rafah akan menjadi sebuah kesalahan.

"Kami tidak percaya bahwa apa yang terjadi di Gaza adalah sebuah genosida. Kami telah dengan tegas menolak pernyataan itu," kata Sullivan kepada para wartawan di Gedung Putih, seperti dilansir Reuters, Selasa (14/5/2024).

Sullivan menyatakan keprihatinannya atas laporan bahwa pemukim Israel menyerang konvoi bantuan kemanusiaan yang sedang dalam perjalanan menuju Penyeberangan Erez di Gaza utara, yang merupakan insiden kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

"Ini adalah kemarahan total bahwa ada orang-orang yang menyerang dan menjarah konvoi ini," kata Sullivan. "Ini adalah perilaku yang sama sekali tidak dapat diterima."