Logo Bloomberg Technoz

Peredaran Kokain Picu Peningkatan Kekerasan di Eropa

News
14 May 2024 16:30

Pengawasan di pelabuhan Antwerp terkait peredaran kokain. (Fotografer: Jasper Juinen/Bloomberg)
Pengawasan di pelabuhan Antwerp terkait peredaran kokain. (Fotografer: Jasper Juinen/Bloomberg)

Max Ramsay, Lyubov Pronina dan Cagan Koc - Bloomberg News

Bloomberg, Pada malam yang dingin di bulan Maret, polisi pelabuhan di pelabuhan Antwerp, Belgia, menangkap tiga pemuda yang sedang memanjat pagar berduri di salah satu dermaga. Beberapa malam kemudian, dua orang lainnya tertangkap di area yang sama.

Kelima remaja tersebut, tiga di antaranya di bawah umur, semuanya berasal dari Belanda dan mencari satu hal: pengiriman kokain.

Meningkatnya frekuensi insiden semacam itu menjadi pertanda yang jelas tentang bagaimana geng kriminal, seringkali menggunakan anak di bawah umur yang mendapat hukuman ringan, dengan berani mengubah pelabuhan terbesar kedua di Eropa menjadi titik masuk utama untuk apa yang telah menjadi jalan tol bagi kokain.

Menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan, penyitaan kokain melalui Antwerp telah meningkat lebih dari 20 kali lipat selama dekade terakhir. Menurut pengakuan petugas bea cukai Belgia sendiri, mereka berhasil menangkap hanya 10% hingga 40% kokain yang masuk melalui pelabuhan - mengingat bahwa bahkan ukuran itu bisa jauh melenceng karena skala masalahnya sulit untuk ditentukan.