Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Klaim Risiko RI Masuk Resesi Rendah Dibanding Eropa

Azura Yumna Ramadani Purnama
14 May 2024 15:10

Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)
Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyebut risiko Indonesia masuk ke jurang resesi terbilang rendah dibanding negara-negara lain di dunia.

Ia menjelaskan meskipun ketidakpastian global meningkat, probabilitas Indonesia terjerumus ke dalam jurang resesi hanya sekitar 1,5%. Ia memberikan contoh, negara-negara eropa saja memiliki probabilitas resesi sebesar 40%, sedangkan Thailand sebesar 30%.

“Kalau dilihat apakah dengan terjadinya ketidakpastian negara kita akan terjadi resesi? Dari beberapa survei kita probabilitasnya yang terendah di dunia bahkan di eropa 40%, Thailand 30%, Indonesia 1,5%,” kata Airlangga dalam Rakornas PSN di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Berdasarkan data yang ditampilkan, negara dengan probabilitas resesi terbesar adalah Jerman sebesar 60%, Italia 55%, Eurozone 40%, Inggris 40%, Thailand 30%, Prancis 22,5%, Rusia 17,5%, Mexico 15%, Korea Selatan 15%.

Terkait itu, ia mengatakan kinerja perekonomian Indonesia saat ini stabil dan terbilang kuat. Dari sisi inflasi, ia menyebut Indonesia masih mencatatkan capaian gemilang dibandingkan beberapa negara lain.